Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Perilaku Pencarian Informasi dengan Kepuasan Pengguna dalam Menggunakan Media Sosial V Live

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Nurianti, Fani Fitri
dc.creator Rosyad, Udung Noor
dc.date 2020-01-21
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/19434
dc.identifier 10.29313/.v0i0.19434
dc.description Abstract. Various kinds of social media are now present increasingly sophisticated and modern. one of the most popular social media among K-popers is V Live. V Live is an application that can eliminate the existing limitations due to the far location between the idol and fans who are outside of South Korea. In this study, researching on channel V Live BTS and the respondents are members of the Amino-Bandung Army BTS community.. This study seeks to explain the relationship between information seeking behavior and satisfaction with using V live. Clearly how much the relationship between information seeking behavior that consists of psychological conditions, demographics, roles, environment, and characteristics of information sources on satisfaction using V Live. The theory used to support the variable (X) information seeking behavior is information seeking behavior theory, while the variable (Y) uses four indicators including information inquiry, social relationship, social presence, and media richness. A quantitative method with a correlational approach was used in this study to examine whether there was a relationship between information seeking behavior and satisfaction with using V live. The results showed that (1) psychological condition had a moderate but positive relationship to satisfaction in using V Live for members of the Amino-Bandung Army BTS community (2) demographics had a moderate but positive relationship to satisfaction in using V Live for members of BTS Army Amino-Bandung community(3) the role of having a low but positive relationship with satisfaction in using V Live for members of the BTS Army Amino-Bandung community (4) environment has a low but positive relationship with satisfaction in using V Live for members of the BTS Army Amino-Bandung community(5) the characteristics of information sources have a moderate but positive relationship with satisfaction in using V Live for members of the BTS Army Amino-Bandung community.Abstrak. Berbagai macam media sosial kini hadir semakin canggih dan modern. salah satu media sosial yang terkenal dikalangan K-popers ialah V Live. V Live merupakan aplikasi yang dapat menghilangkan batasan-batasan yang ada karena letak yang jauh antara idol dengan penggemar yang berada diluar Korea Selatan. Dalam penelitian ini meneliti di channel V Live BTS dan respondennya adalah anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung. Penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan perilaku pencarian informasi terhadap kepuasan dalam menggunakan V live. Lebih jelasnya seberapa besar hubungan perilaku pencarian informasi yag terdiri dari kondisi psikologis, demografis, peran, lingkungan, dan karakteristik sumber informasi terhadap kepuasan menggunakan V Live. Teori yang digunakan untuk mendukung variabel (X) perilaku pencarian informasi yaitu teori perilaku pencarian informasi, sedangkan variabel (Y) menggunakan empat indikator meliputi information inquiry, social relationship, social presence, dan media richness. Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan perilaku pencarian informasi terhadap kepuasan dalam menggunakan V live. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)kondisi psikologis memiliki hubungan yang sedang tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live  bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (2)demografis  memiliki hubungan yang sedang tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (3)peran memiliki hubungan yang rendah tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (4)lingkunga memiliki hubungan yang rendah tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung (5)karakteristik sumber informasi memiliki hubungan yang sedang tetapi positif terhadap kepuasan dalam menggunakan V Live bagi anggota komunitas BTS Army Amino-Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/19434/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 26-29
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 26-29
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Perilaku Pencarian Informasi, Media Sosial, Kepuasan, V Live
dc.title Hubungan Perilaku Pencarian Informasi dengan Kepuasan Pengguna dalam Menggunakan Media Sosial V Live
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account