Universitas Islam Bandung Repository

Persepsi Kredibilitas Jokowi dalam Tayangan Debat Pilpres 2019

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Bagus, Mohammad Fauzan Ari
dc.creator Zulfebrigez, Zulfebrigez
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20572
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20572
dc.description Abstract, The presidential election which was held on 17 April 2019 in which there were presidential candidates who submitted themselves as presidential candidates namely Jokowi and Prabowo. In proving leadership, the KPU provides a media in which later the two presidential pairs compete in one place or commonly called a presidential debate which aims to ensure the voters so that they know the credibility of presidential candidates. The purpose of this study is, first, to find out Jokowi's expertise in 2019 presidential election debates. Second, to determine Jokowi's trust in 2019 presidential election debates. Finally, to find out Jokowi's appeal in 2019 presidential election debates. Researchers used quantitative research methods, with an approach descriptive, the researchers made 2019 FIKOM students a sample. The results showed, Jokowi's credibility in the aspect of expertise was considered good because the percentage of the answers to the three indicators of Jokowi's credibility was above 50%, Jokowi was judged as a communicator who had an appeal in delivering arguments in the 2019 (second) presidential election debate.Abstrak, Pemilihan presiden yang sudah diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 yang dimana terdapat dua pasangan calon presiden yang mengajukan diri sebagai calon presiden yaitu Jokowi dan Prabowo. Dalam membuktikan kepemimpinan, KPU menyediakan media yang dimana nantinya kedua paslon presiden tersebut beradu argumentasi dalam satu tempat atau biasanya disebut debat pilpres yang tujuannya untuk memastikan para calon pemilih agar mereka mengetahui kredibilitas kedua pasangan calon presiden tersebut. Tujuan penelitian ini adalah, pertama, untuk mengetahui keahlian Jokowi dalam tayangan debat pilpres 2019. Kedua, untuk mengetahui keterpercayaan Jokowi dalam tayangan debat pilpres 2019. Terakhir, untuk mengetahui daya tarik Jokowi dalam tayangan debat pilpres 2019. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif, peneliti menjadikan mahasiswa FIKOM 2019 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan, kredibilitas Jokowi dalam aspek keahlian dinilai baik dikarenakan persentase jawaban ketiga indikator kredibilitas jokowi berada diatas 50% , Jokowi dinilai sebagai komunikator yang memiliki daya tarik dalam menyampaikan argumentasi dalam tayangan debat pilpres 2019 (kedua).
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/20572/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 111-116
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 111-116
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject
dc.subject Credibility, Jokowi, Debate; Kredibilitas, Jokowi, Tayangan Debat
dc.title Persepsi Kredibilitas Jokowi dalam Tayangan Debat Pilpres 2019
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account