Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Kredibilitas dan Otentisitas Komunikator dengan Motivasi Belajar Mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Fanzani, Muhammad Hanif
dc.creator Yulianti, Yulianti
dc.date 2020-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/19960
dc.identifier 10.29313/.v0i0.19960
dc.description Abstract.Communication is important and inseparable for human life, known as social beings. By communicating we can express feelings, thoughts, or others to the opponent communication or commonly called a communicant. A laboratory assistant must be able to create effective communication Communication is also applied in the campus environment, especially in the Graphic laboratory between lab assistants (communicators) and students (communicants ) also material (message). The researcher wants to know the credibility and authenticity of Graphic laboratory assistants with students' learning motivation, because credibility and authenticity are two important elements in the process of practicum. The credibility variable consists of expertise, experience, rationale, conviction. While indicators of the authenticity variable are congruence, full disclosure, responsiveness, personhood. This study uses a quantitative method of Correlation study with data collection techniques such as questionnaires and literature with data analysis techniques using a Likert scale. By using a random sampling technique, there were 81 research samples from FIKOM Bandung Islamic University. The results of the conclusions according to the questionnaire data answered by respondents were that the credibility and authenticity of the Graphic Lab Assistant Graphic Lab assistant with learning motivation in accordance with the results of more than 87%. The results of this study indicate that expertise in the Graphic lab assistant has a high relationship with student motivation. While 7 other variables have a significant relationship with student motivation.Keywords: Learning Motivation, Communication, credibility, authenticity  Abstrak.Komunikasi adalah hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan bagi kehidupan manusia yang dikenal sebagai makhluk sosial. Dengan berkomunikasi kita dapat mengungkapkan perasaan, pikiran, atau yang lainnya kepada lawan komunkasi atau biasa disebut komunikan.Seorang asisten laboratorium harus bisa menciptakan komunikasi yang efektif Komunikasi pun juga diterapkan dalam lingkungan kampus terutama di laboratorium Grafis antara asisten lab (komunikator) dan mahasiswa (komunikan) juga materi (pesan). peneliti ingin mengetahui Kredibilitas dan Otentisitas asisten laboratorium Grafis dengan motivasi belajar mahasiswa, karena kredibilitas dan Otentisitas sebagai 2 unsur yang penting dalam proses berjalannya praktikum. Variabel kredibilitas terdiri dari expertise, experience, rationale, conviction. Sedangkan indikator dari variabel otentisitas adalah congruence, full disclosure, responsiveness, personhood.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif studi Korelasi dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan kepustakaan dengan teknik analisis data menggunakan skala likert. Dengan menggunakan teknik random sampling, sampel penelitian sebanyak 81 mahasiswa FIKOM Universitas Islam Bandung. Hasil kesimpulan sesuai data kuesioner yang dijawab oleh responden adalah bahwa kredibilitas dan otentisitas Asisten lab Grafis Asisten lab Grafis dengan motivasi belajar  sesuai dengan hasil lebih dari 87%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  expertise pada asisten lab Grafis memiliki hubungan yang tinggi dengan motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan 7 variabel lainnya memilik hubungan yang cukup berarti dengan motivasi belajar mahasiswa.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Komunikasi, krediblitas, otentisitas
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/19960/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 84-86
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 1, Prosiding Manajemen Komunikasi (Februari, 2020); 84-86
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Motivasi Belajar, Komunikasi, krediblitas, otentisitas
dc.title Hubungan Kredibilitas dan Otentisitas Komunikator dengan Motivasi Belajar Mahasiswa
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account