Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Metode Qitada (Qiro’atu Tartil Bitadwir) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak di TK Nurul Hidayah

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Sumarna, Ade
dc.date 2020-01-21
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/19436
dc.identifier 10.29313/.v0i0.19436
dc.description Abstract. This study aims to know the Implementation Method of Qitada in Al-Qur'an Nurul Hidayah Kindergarten, in improving students' ability to read hijaiyah letters, using the qitada method using murottal songs as a learning tool when reading the hajaiyah letters and using interesting songs involves conveying the main points of his teachings with the motto of reciting with pleasure and reciting the Qur'an. This research uses descriptive analytic method by discussing qualitative. Namely describing the application of the qitada method in the learning process of the Koran. Based on research in Al-Quran Kindergarten Nurul hidayah before using the Qitada method using the old method, the Iqra method, but after the new method, the qitada method, children are more comfortable reciting the Koran and children read the Al-Quran faster.Keywords: Implementation, Qitada Method, Hijaiyah letters.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Implementasi Metode Qitada di TK Al Qur’an Nurul Hidayah, dalam meningkaktan kemampuan peserta didik didalam membaca huruf hijaiyah, dengan menggunakan metode qitada melalui lagu lagu murottal sebagai dasar pembelajaran pada setiap membaca huruf hajaiyah dan menggunakan lagu lagu yang menarik didalam penyampaian pokok pokok ajarannya dengan moto mengaji dengan senang dan senang mengaji. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Yaitu mendeskripsikan implementasi metode qitada pada proses pembelajaran Al-Quran. Pendekatan ini menurut  hasil penelitian di TK Al-Quran Nurul hidayah sebelum menggunakan metode Qitada menggunakan metode lama yaitu metode Iqra, namun setelah adanya metode baru yaitu metode qitada anak lebih senang mengaji dan anak lebih cepat membaca Al- Quran.Kata Kunci : Implementasi, Metode Qitada, Huruf hijaiyah.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/19436/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 1-3
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 1-3
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Implementasi, Metode Qitada, Huruf hijaiyah.
dc.title Implementasi Metode Qitada (Qiro’atu Tartil Bitadwir) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak di TK Nurul Hidayah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account