Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli pada Produk Rabbani di Purwakarta

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Febyanti, Natasya
dc.creator Bayuni, Eva Misfah
dc.creator Srisusilawati, Popon
dc.date 2020-09-07
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:15:02Z
dc.date.available 2021-03-15T03:15:02Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/24688
dc.identifier 10.29313/syariah.v6i2.24688
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/27950
dc.description Abstract. Rabbani is a garment company that is engaged in Muslim fashion retail which is one of the first and largest instant veil companies in Indonesia. until now the Rabbani company continues to use advertisements to introduce its products. However, it seems that the advertisement that is currently appearing does not match its purpose, therefore the researcher wants to raise the title of this research. The purpose of writing this research report is to analyze the principles of advertising based on sharia marketing and analyze the effect of advertising on buying interest in Rabbani Purwakarta. The research method used is quantitative research that will be analyzed using statistical data (SPSS). The conclusion of the research is that the principle of advertising based on Sharia marketing according to Mutaqin is that there are several indicators such as advertising functions that must be based on shiddiq and trustworthiness, and the image built by the company must be honest and not justify goods that are clearly haram. Advertising language that must reflect the character. The honesty and truth of the information conveyed in advertisements, avoid comparative advertisements, and do not exploit women. The conclusion from the results of the study is that the variable X (advertising) has a significant effect on the Y variable (buying interest) of 48%, which is included in the medium category coefficient interval.Keywords: Advertising, Purchase Interest, Sharia MarketingAbstrak. Rabbani merupakan perusahaan garment yang bergerak dalam bidang ritail busana muslim yang merupakan salah satu perusahaan kerudung instan pertama dan terbesar di Indonesia. sampai saat ini perusahaan Rabbani masih terus menggunakan iklan untuk mengenalkan produk-produknya. Namun, terlihat iklan yang saat ini muncul ternyata tidak sesuai dengan tujuannya, maka dari itu peneliti ingin mengangkat judul penelitian ini. Tujuan penulisan laporan penelitian ini adalah untuk menganalisis prinsip iklan berdasarkan pemasaran syariah dan menganalisis pengaruh iklan terhadap minat beli di Rabbani Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang akan dianalisis menggunakan data statistic (SPSS). Simpulan dari hasil penelitian adalah bahwa prinsip iklan berdasarkan pemasaran Syariah menurut Mutaqin yaitu ada beberapa indikator seperti fungsi iklan yang harus dilandasi oleh sifat shiddiq dan amanah, dan citra yang dibangun oleh perusahaan harus dengan kejujuran serta tidak menghalalkan barang yang sudah jelas haram. Bahasa Iklan yang harus mencerminkan akhlak. Kejujuran dan kebenaran informasi yang disampaikan dalam iklan, menghindari iklan yang komparatif, dan tidak mengeksploitasi perempuan. Selanjutnya, variabel X (iklan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (minat beli) sebesar 48%, yang termasuk ke dalam interval koefisien kategori sedang. Kata Kunci: Iklan, Minat Beli, Pemasaran Syariah
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/24688/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/24688/4743
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 773-790
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 6, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2020); 773-790
dc.source 2460-2159
dc.source 10.29313/syariah.v6i2
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Iklan, Minat Beli, Pemasaran Syariah
dc.title Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli pada Produk Rabbani di Purwakarta
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account