Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Prioritas Komunikasi Pemasaran Islam terhadap Peningkatkan Volume Penjualan di Zadini Handmade Shoes Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Mulus, Mulyana
dc.creator Ibrahim, Mohamad Andri
dc.creator Wijayanti, Intan Manggala
dc.date 2021-01-13
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:16:03Z
dc.date.available 2021-03-15T03:16:03Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/24793
dc.identifier 10.29313/syariah.v7i1.24793
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28061
dc.description Abstract. Based on the data obtained from the pre-observation results, the problem that occurred at Zadini Handmade Shoes was that sales from 2015 to 2019 experienced a significant decline and instability. The decrease in income was caused by ineffective marketing activities, which could affect the decrease in sales volume. The research method used is qualitative, this data is obtained directly from respondents and library data, as well as data collection techniques using questionnaires, interviews, and documentation. In analyzing the data the author uses the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. Based on the data obtained, there are 8 (eight) indicators regarding the Islamic marketing communication mix that affect sales volume, consisting of advertising, sales promotion, event & experience, public relations & publicity, mobile marketing, direct marketing & database, personal selling, online & social media marketing. The indicator with the top priority is Online & Social Media Marketing at 22.2%. Meanwhile, the indicator with the last order is Advertising at 6.9%.Keyword: Islamic Marketing Communication, Sales Volume, AHP MethodAbstrak. Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil pre-obsevasi, maka permasalahan yang terjadi pada Zadini Handmade Shoes adalah penjualan dari tahun 2015 hingga tahun 2019 yang mengalami penurunan dan ketidakstabilan yang cukup signifikan. Penurunan pendapatan tersebut diakibatkan oleh kegiatan pemasaran yang kurang efektif, yang dapat mempengaruhi penurunan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data ini diperoleh secara langsung dari responden dan data pustaka, serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode AHP (Analytical Hierarcy Proccess). Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa terdapat 8 (delapan) indikator mengenai bauran komunikasi pemasaran Islam yang mempengaruhi volume penjualan, terdiri dari advertising, sales promotion, event & experient, public relation & publicity, mobile marketing, direct marketing & database, personal selling, online & sosial media marketing. Indikator yang menjadi prioritas utama adalah Online & Social Media Marketing sebesar 22,2% Sedangkan, indikator dengan urutan terakhir yaitu Advertising sebesar 6,9%.Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Islam, Volume Penjualan, Metode AHP
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/24793/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/24793/4758
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 7, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2021); 24-27
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 7, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2021); 24-27
dc.source 2460-2159
dc.source 10.29313/syariah.v7i1
dc.subject Hukum Ekonomi Syariah
dc.subject Komunikasi Pemasaran Islam, Volume Penjualan, Metode AHP
dc.title Analisis Prioritas Komunikasi Pemasaran Islam terhadap Peningkatkan Volume Penjualan di Zadini Handmade Shoes Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account