Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Lembaga Bimbingan Meningkatkan Minat Membaca Bagi Anak

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Suhendar, Cyntia Pramitha
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.creator Mulyani, Dewi
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:23:37Z
dc.date.available 2021-03-15T03:23:37Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23886
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23886
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28169
dc.description Abstract. Education is important, in this day and age education becomes the main capital for man to achieve what is the purpose of his life in the future. With functional education, due to the same and similar curriculum and materials taught in formal education, it sometimes makes the child feel bored in the learning process. Thus, researchers want to know the learning process of the child through the method of reading interest of the child along with the motivator or teacher. This research aims to describe early childhood learning in guidance institutions increasing the interest in reading for children. How to grow the interest in reading in children with fun learning methods, self-learning through the approach of teachers and students (individual system), and learning is done gradually (small step system). The type of research used in this study is qualitative research. The data collection techniques in this study use observation methods, interviews, and documentation. The data analysis in this study is qualitatively descriptive.Keywords: Learning, Reading Interests, Children's Reading Interest MethodsAbstrak. Pendidikan merupakan hal yang penting, pada zaman sekarang pendidikan menjadi modal utama untuk manusia dapat menggapai apa yang menjadi tujuan hidupnya di masa depan. Dengan pendidikan fungsional, karena adanya kurikulum dan materi yang sama dan serupa yang diajarkan dalam pendidikan formal, terkadang membuat anak merasa bosan dalam proses pembelajaran. Sehingga, peneliti ingin mengetahui proses pembelajaran anak melalui metode minat baca anak bersama motivator atau guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran anak usia dini pada lembaga bimbingan meningkatkan minat membaca bagi anak. Bagaimana menumbuhkan minat baca pada anak dengan metode pembelajaran yang menyenangkan (fun learning), pembelajaranan yang dilakukan secara mandiri melalui pendekatan guru dan murid (individual system), dan pembelajaran dilakukan secara bertahap (small step system). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Kata Kunci: Pembelajaran, Minat Baca, Metode Minat Baca Anak
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/23886/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 196-200
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 196-200
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Pembelajaran, Minat Baca, Metode Minat Baca Anak
dc.title Analisis Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Lembaga Bimbingan Meningkatkan Minat Membaca Bagi Anak
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account