Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Pembelajaran Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Setir Angka Pada Kelompok A di Taman Asuh Anak Muslim Darussaadah

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Karmila, Mila
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.creator Inten, Dinar Nur
dc.date 2020-08-26
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:24:01Z
dc.date.available 2021-03-15T03:24:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/24433
dc.identifier 10.29313/.v6i2.24433
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28178
dc.description Abstract. This research is motivated by cognitive abilities, namely recognizing the number symbols in group A children, which are still low. This is due to the fact that they rarely use interesting learning media, because they more often use student worksheets (LKS) or lecture methods so that children are less interested in the learning process to recognize numbers symbols. The purpose of this study was to improve the ability to recognize 1-10 number symbols in children before and after using the numbering wheel media and also to determine the effect of the numbering wheel media on the ability to recognize 1-10 number symbols. The method used in this study is a quasi experimental type One-Group Pretest-Posttest Design with a quantitative approach. The population and sample of this study were 12 group A children. The data collection method used was observation and documentation. Data analysis, before the treatment was carried out using the numbering wheel media the ability to recognize the symbol said the child was still low.. the score result of data obtained from studied before using the media numbering wheels are 210 (54,69%) and after using media numbering wheel scores are 344 (68,58%) there was significantly increased in scores about 143 (34,89%). The paired t test results of the pretest and posttest results were significant because they had a value of p <0.05 (p = 0.000 <0.05) meaning that Ho was acceptable, ie there was an increase in recognizing the symbol numbers of group A children. The conclusions showed that the numbering wheel was effective to increase the ability to recognize symbols numbers in group A children in TAAM Darussaadah.Keywords: Get to know the symbol of numbers. Numbering wheel games, group AAbstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kognitif yaitu mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A, yang masih rendah. Hal ini dikarnakan jarangnya menggunakan media pembelajaran yang menarik, karna lebih sering menggunakan lembar kerja siswa (LKS) atau metode ceramah sehingga anak kurang tertarik dalam proses pembelajaran mengenal lambang bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak sebelum dan sesudah menggunakan media setir angka dan juga untuk mengetahui pengaruh media setir angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen jenis One –Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sempel penelitian ini adalah 12 anak kelompok A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi serta dokumentasi. Analisis data, sebelum dilaksanakan perlakuan menggunakan media setir angka kemampuan mengenal lambang bilang anak masih rendah. Data yang diperoleh  dari hasil penelitian sebelum menggunakan media setir angka, mendapat  skor 210(54,69%) dan  sesudah menggunakan media setir angka mendapat skor 344 (89,58%) maka  terlihat peningkatan skor sebanyak 143 (34,89%). Tampak hasil uji t berpasangan hasil pretest dan posttest signifikan karna memiliki nilai p < 0.05 (p = 0,000 < 0.05) artinya Ho dapat diterima, yaitu terdapat peningkatan mengenal lambang bilangan anak kelompok A. Kesimpulan menunjukan bahwa permainan setir angka efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TAAM Darussaadah.Kata kunci : Mengenal lambang bilangan. Permainan setir angka, kelompok A
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/24433/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 274-277
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2020); 274-277
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Mengenal lambang bilangan. Permainan setir angka, kelompok A
dc.title Efektivitas Pembelajaran Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Setir Angka Pada Kelompok A di Taman Asuh Anak Muslim Darussaadah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account