Universitas Islam Bandung Repository

Efektivitas Penerapan Metode Al-Bana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Smp Al-Falah Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Hanifah, Adinda
dc.creator Rasyid, A Mujahid
dc.date 2020-08-24
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:30:55Z
dc.date.available 2021-03-15T03:30:55Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23481
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23481
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28193
dc.description Abstract. The ability to read the Qur'an fluently and correctly is the basis for all Muslims to read the Qur'an. The low ability of students to read the Qur'an in using the methods and methods of teaching teachers and students' low motivation. Therefore, the application of the Al-Bana method is expected to improve the ability to read the Qur'an. This study aims to determine the ability of students who are less fluent in reading the Qur'an. This research was conducted at SMP Al-Falah Bandung. This type of research uses a quantitative approach with a Quasi-experimental method. Data collection techniques using documentation study, observation, interviews, tests. Data analysis using independent sample t-test. The results showed that there was a difference”between the students' ability to read the Koran who applied learning using the al-bana method using conventional methods. The average value of the experimental class was 18.78. The results showed that the students' ability to read the Koran in the experimental class was better than the control class.The conclusion of this researcher is the al-bana method which means building, in the sense that it can build the spirit and intellectual intelligence of a Muslim Al-Qur'an. The application of the Al-bana method is to launch and compose words, mastering the law of recitation with a color code. The al-bana method shows an increase in the ability to read the Qur'an properly according to the expected goals.Keywords: Al-Qur'an, Al-Bana Method, and Ability    Abstrak: Kemampuan membaca Al-Qur’an secara fasih dan benar merupakan hal yang mendasarkan kepada semua muslim untuk membaca Al-Qur’an. Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di menggunakan metode dan cara mengajar guru dan motivasi siswa yang rendah. Oleh karena itu, melalui penerapapan metode Al-Bana diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an penelitian ini dilakukan di SMP Al-Falah Bandung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metodeQuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi, wawancara, tes. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode al-bana dengan menggunakan metode konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebanyak 18,78  hasil tersebutmenunjukan bahwa kemampuan  membaca Al-Qur’an siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.Kesimpulan dari peneliti ini adalah metode al-bana yang artinya membangun, dalam arti dapat membangun semangat dan kecerdasan intelektual Al-Qur’an seorang muslim. Penerapan metode Al-bana adalah melancarkan dan merangkai kata, menguasai hukum tajwid dengan kode warna. Metode al-bana menunjukan peningkatan dalam kemampuan  membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan Kata kunci: Al-Qur’an, Metode Al-Bana, dan Kemampuan
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23481/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 103-107
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 103-107
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Al-Qur’an, Metode Al-Bana, dan Kemampuan
dc.title Efektivitas Penerapan Metode Al-Bana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Smp Al-Falah Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account