Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Fiqih di SMP IT Baitusshofaa Ciparay

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Nurfauziyah, Siti Syarifah
dc.creator Sobarna, Ayi
dc.creator Inten, Dinar Nur
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:30:55Z
dc.date.available 2021-03-15T03:30:55Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/24006
dc.identifier 10.29313/.v6i2.24006
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28198
dc.description Abstract. The background of this research is the low learning achievement of students in Fiqh class VIII at SMP IT Baitusshofaa Ciparay and teachers do not provide a variety of attractive models. Thereforce we need a teaching model that can improve learning outcomes and student activeness, namely the time token cooperative learning model where all students have the same time to be able to participate when learning activities take place.this research aims to determine student learning outcomes before and after the time token type cooperative learning and implementation of the time token type cooperative learning model.The approach in this research is a quantitative approach and a quasi experimental research method. for data collection through, test and non-test results of learning outcomes and documentation. The conclusions found in this study are there was an influence of the type of time token cooperative learning model to improve student learning outcomes in fiqh subjectsin the experimental class, namely shodaqoh material, grants and prizes.Keywords :  Learning Model, Time Tokens, Fiqh Learning OutcomesAbstrak. Latar belakang penelitian ini yaitu  pencapaian belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di SMP IT Baitusshofaa Ciparay dan guru kurang memberikan macam-macam model yang menarik. Oleh karena itu diperlukannya model ajar yang bisa meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe time token, dimana semua siswa memiliki waktu yang sama untuk dapat berpartisipasi ketika berlangsungnya kegiatan belajar.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukannya pembelajaran kooperatif tipe time token dan pelaksanaan penerapan model kooperatif tipe time token.Pendekatan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen quasi. Untuk pengumpulan data melalui angket, tes dan non-tes hasil belajar dan dokumentasi. Kesimpulan yang didapati pada penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas eksperimen yaitu materi shodaqoh, hibah dan hadiahKata Kunci : Model Pembelajaran, Time Token, Hasil Belajar Fiqih
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/24006/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 179-184
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 179-184
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Model Pembelajaran, Time Token, Hasil Belajar Fiqih
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Fiqih di SMP IT Baitusshofaa Ciparay
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account