Description:
Abstrack. Integration learning is the merging of several subjects into one pad. The integration of learning between science and the Qur'an has been done at SD Ar-Rafi Bandung. The learning is an application of the school curriculum based on aqidah. The purpose of this research is to know: (1) Planning of science learning integrated Qur'ani values at SD Ar-Rafi Bandung, (2) Implementation of science learning integrated Qur'ani values at SD Ar-Rafi Bandung, (3) Evaluation of science learning integrated Qur'ani values at SD Ar-Rafi Bandung. The approach carried out in this research uses qualitative approach with descriptive method. Data collection techniques used in the form of in-depth interviews and documentation studies. The results of the research obtained on the planning of integrated science learning Qur'ani values were made involving science teachers and PAI in determining the paragraphs on the material. The implementation is done by reading and explaining Q.S Al-Mu'minun verse 14 by associating with the material subthema sceletons (motion system). Evaluation is done at the end of the material chapter, assessment in the form of writing exams, google forms, and videos.Keywords: Science learning, integration, The Qur'anAbstrak. Pembelajaran integrasi merupakan penggabungan beberapa mata pelajaran menjadi satu kepaduan. Integrasi pembelajaran antara IPA dan Al-Qur’an telah dilakukan di SD Ar-Rafi Bandung. Pembelajaran tersebut merupakan aplikasi dari kurikulum sekolah yang berbasis aqidah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung, (3) Evaluasi pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani di SD Ar-Rafi Bandung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh mengenai perencanaan pembelajaran IPA terintegrasi nilai-nilai Qur’ani dibuat melibatkan guru IPA dan PAI dalam menentukan ayat pada materi. Pelaksanaan dilakukan dengan membacakan dan menjelaskan Q.S Al-Mu’minun ayat 14 dengan mengkaitkan dengan materi subtema sceletons (sistem gerak). Evaluasi dilakukan pada akhir bab materi, penilaian dalam bentuk ujian tulis, google form, dan video.Kata Kunci : Pembelajaran IPA, integrasi, Al-Qur’an