Universitas Islam Bandung Repository

Efektifitas Implementasi Metode Talaqqi dan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Asy-Syahida, Salma Nadhifa
dc.creator Rasyid, A Mujahid
dc.creator Alhamuddin, Alhamuddin
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:31:21Z
dc.date.available 2021-03-15T03:31:21Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23596
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23596
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28221
dc.description Abstract. Reading the Al-Qur'an is an effort to maintain the authenticity of the Al-Qur'an, but the motivation of students in learning the Al-Qur'an is very low, so that many students have not been able to read the Al-Quran. So the task for every educator must determine effective learning methods. Researchers want to explore the effectiveness of the Talaqqi method at SMPIT Fitrah Insani and Tilawati at SMP Salman Al Farisi. The purpose of this study was to determine the implementation process of the Talaqqi method and the Tilawati method, its effectiveness, as well as the supporting and inhibiting factors of the two methods. This type of research method is a comparative study. Data collection techniques in the form of interviews, observation, oral tests and documentation studies, and data analysis in the form of a quantitative approach and independent sample T-test. The results of this study are: (1) The Talaqqi method is carried out by means of the teacher and students facing each other and the teacher will correct the student's wrong reading (2) The Tilawati method is carried out by the way students form a U-letter sitting formation with classical reading-listen techniques (3) The mean score of students using the Talaqqi method was 87.6 and the Tilawati method was 90.4. (4) Supporting factors for the Talaqqi method are special teachers of Al-Qur'an and places for learning activities. The inhibiting factor is the diverse abilities of teachers and students, incomplete volumes. The supporting factors of Tilawati are special teachers, place of activities, learning tools, complete books.Keywords: Effectiveness, Talaqqi, Tilawati.Abstrak. Membaca Al-Qur’an merupakan upaya untuk mempertahankan keaslian Al-Qur’an, namun motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur’an sangat rendah, sehingga banyak siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an. Maka tugas bagi setiap pendidik harus menentukan metode pembelajaran yang efektif. Peneliti ingin menelusuri efektifitas antara metode Talaqqi di SMPIT Fitrah Insani dan Tilawati di SMP Salman Al Farisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dari metode Talaqqi dan metode Tilawati, efektifitasnya, juga faktor pendukung dan penghambat dari kedua metode tersebut. Jenis metode penelitian ini adalah studi komparatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes lisan dan studi dokumentasi, dan analisa data berupa pendekatan kuantitatif dan sampel independen T-test. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Metode Talaqqi dilakukan dengan cara guru dan siswa saling berhadapan dan guru akan mengoreksi bacaan siswa yang salah (2) Metode Tilawati dilakukan dengan cara siswa membentuk formasi duduk huruf U dengan teknik klasikal baca-simak (3) Nilai rata-rata siswa dengan metode Talaqqi adalah 87,6 dan metode Tilawati adalah 90,4. (4) Faktor pendukung metode Talaqqi yaitu guru khusus Al-Qur’an dan tempat kegiatan belajar. Faktor penghambatnya yaitu kemampuan guru dan siswa yang beragam, buku jilid kurang lengkap. Faktor pendukung dari Tilawati yaitu guru khusus, tempat kegiatan, perangkat pembelajaran, buku jilid lengkap.Kata kunci: Efektivitas, Talaqqi, Tilawati. 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23596/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 113-116
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 113-116
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Efektifitas, Talaqqi, Tilawati
dc.title Efektifitas Implementasi Metode Talaqqi dan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account