Universitas Islam Bandung Repository

Implikasi Pendidikan Q.S. Ali Imran Ayat 159 terhadap Kompetensi Kepribadian Guru

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Kamil, Hildan
dc.creator Khambali, Khambali
dc.creator Suhardini, Asep Dudi
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:31:32Z
dc.date.available 2021-03-15T03:31:32Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23874
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23874
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28226
dc.description  Abstract. Teachers are important things that must be considered in order to create conducive, effective and efficient educational conditions so as to produce graduates with special personalities. The recent phenomenon of teachers or students shows things that are not in accordance with the norms in the world of education. One of the cases of a teacher was a teacher who was reported to the authorities by the student’s parents regarding acts of violence against their child. In addition, there are also those found in the media, both electronic media and printed media, which show cases that befell a teacher. Al-Qur’an is the source of life that is valid forever. In it contains scientific ideas that regulate all problems and needs of humans including one of which is a discussion of the role and personality of the teacher which is contained in the Al-Qur’an Surah Ali Imran verse 159. This study aims to determine the differences in opinion of the commentators regarding the contents of the content contained in the QS. Ali Imran verse 159, knows the essence of education contained in QS. Ali Imran verse 159, classifies differences in opinion of experts about teacher personality competence, and finds out what implications can affect teacher personality based on education QS. Ali Imran verse 159. The teacher's personality is in the spotlight as well as an example for students, so that in the education process the teacher acts as a figure who is used as an example by his students. On that basis, teachers should have a capable and adequate personal character so that they can become good figures and be able to carry out their roles and functions. The method used in this research is a qualitative method using library research techniques by analyzing the Qur’an using commentary books accompanied by a survey of literature related to the problem observed and the tahlili method, namely explaining mufradat, sentence connotations, asbabun. nuzul and the opinions of the commentators. After the data is collected, the writer will analyze it based on the procedures that must be followed. The results of the study showed that, 1) The personality of a gentle attitude, forgiving, praying, deliberating in solving problems, trusting in the help of Allah Swt. 2) The implication of the concept of education according to the Al-Qur’an surah Ali Imran verse 159 is that the teacher must teach with attention to the personality or attitude of students.Keywords: Education, Implications, Teacher Personality, QS. Ali Imran verse 159. Abstrak. Guru merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam rangka menciptakan kondisi pendidikan yang kondusif, efektif dan efisien sehingga melahirkan lulusan yang memiliki kepribadian yang istimewa. Fenomena guru atau siswa yang sudah terjadi belakangan menunjukkan hal yang  tidak sesuai dengan norma di dunia pendidikan. Salah satu kasus seorang guru adalah guru yang dilaporkan ke pihak berwajib oleh orang tua murid terkait dengan tindakan kekerasan terhadap anaknya. Selain itu ada juga yang terdapat pada media, baik media elektronik maupun media cetak yang menunjukkan kasus-kasus yang menimpa seorang guru. Al-Qur’an merupakan  sumber  kehidupan yang berlaku sampai kapanpun. Di dalamnya memuat ide-ide ilmiah yang  mengatur segala persoalan dan kebutuhan manusia termasuk salah satu diantaranya adalah pembahasan mengenai peran dan kepribadian guru yang termaktub dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159. Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui perbedaan pendapat mufasir mengenai isi kandungan yang terdapat dalam QS. Ali Imran ayat 159, mengetahui esensi pendidikan yang terkandung dalam QS. Ali Imran ayat 159, mengklasifikasi perbedaan pendapat para ahli tentang kompetensi kepribadian guru, dan mengetahui implikasi apa saja yang dapat mempengaruhi kepribadian guru berdasarkan pendidikan QS. Ali Imran ayat 159. Kepribadian guru menjadi sorotan sekaligus contoh bagi murid, sehingga  dalam  proses pendidikan guru  berperan sebagai  figur  yang  dijadikan tauladan  oleh  murid-muridnya. Atas  dasar  itu, sudah  semestinya  guru  memiliki karakter pribadi yang cakap dan memadai sehingga dapat menjadi figur yang baik dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik library research dengan cara menganalisis Al-Qur’an dengan menggunakan kitab-kitab tafsir disertai dengan survei terhadap literatur yang berkaitan dengan masalah yang diamati dan metode tahlili yaitu menjelaskan mufradat, konotasi kalimat, asbabun nuzul serta pendapat-pendapat mufassir. Setelah data terkumpul, penulis  akan menganalisis dengan didasarkan kepada prosedur yang harus dijalani. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kepribadian sikap lemah lembut, memaafkan, mendo’akan, bermusyawarah dalam menyelesaikan persoalan, bertawakkal dan yakin akan pertolongan Allah Swt. 2) Implikasi dari konsep pendidikan menurut Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 adalah guru harus mengajar dengan memperhatikan  kepribadian atau sikap terhadap siswa.Kata Kunci: Pendidikan, Implikasi, Kepribadian Guru, QS. Ali Imran ayat 159.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/23874/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/23874/4573
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 141-146
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 6, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2020); 141-146
dc.source 2460-6413
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Pendidikan, Implikasi, Kepribadian Guru, QS. Ali Imran ayat 159.
dc.title Implikasi Pendidikan Q.S. Ali Imran Ayat 159 terhadap Kompetensi Kepribadian Guru
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account