dc.description.abstract |
Olahraga parkour merupakan olahraga non kompetitif dimana pada olahraga ini
tidak terdapat adanya kejuaraan maupun tingkatan. Praktisi senior komunitas
parkour Bandung merupakan individu-individu yang bertahan menekuni olahraga
parkour selama lebih dari 4 tahun dimana banyak individu yang menyerah dalam
menekuni olahraga ini. Beberapa diantara praktisi senior masih aktif menekuni
olahraga ini semenjak komunitas ini berdiri hingga saat ini. Ketika bermain
parkour, beberapa praktisi senior merasakan kenikmatan, adanya kontrol penuh
terhadap diri, fokus, konsentrasi dan merasa ‘masuk’ dan terlibat penuh kedalam
aktivitas yang mereka lakukan. Pengalaman yang dirasakan merupakan kondisi
yang disebut flow. Flow dilihat sebagai suatu keadaan psikologis yang membawa
individu pada kenikmatan dan keterlibatan total pada hal yang dikerjakan.
Pengalaman flow memilii Sembilan karakteristik meliputi, Challenge-skill
balance, Action-awareness merging, Clear goals, Unambigous feedback,
Concentration on task, Sense of control, Loss of self-consciousness,
Transformation of time, dan Autotelic experience. Setiap dimensi tersebut
merupakan bagian dari terjadinya flow. Flow penting bagi praktisi karena bisa
meningkatkan keahlian dan kemampuan serta meningkatkan kebahagiaan secara
mental dengan tercapainya optimal experience. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian studi deskriptif dengan subjek penelitian 18 orang praktisi
senior komunitas parkour Bandung. alat ukur yang digunakan adalah The Flow
State Scale 2 (FSS 2). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak enambelas
orang praktisi senior komunitas parkour Bandung mengalami intensitas
pengalaman flow yang tinggi dengan penjabaran sepuluh orang mengalami
Sembilan dimensi yang tinggi yaitu Challenge-skill balance, Action-awareness
merging, Clear goals, Unambigous feedback, Concentration on task, Sense of
control, Loss of self-consciousness, Transformation of time, dan Autotelic
experience. Dan enam orang mengalami delapan dimensi yang tinggi yakni
Challenge-skill balance, Clear goals, Unambigous feedback, Concentration on
task, Sense of control, Loss of self-consciousness, Transformation of time, dan
Autotelic experience. |
en_US |