Universitas Islam Bandung Repository

Event Summer Festival 2.0 Greenpeace Indonesia dalam Memperkenalkan Energi Terbarukan

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Meliana, Arcella
dc.creator Suherman, Maman
dc.date 2021-01-20
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:52:57Z
dc.date.available 2021-03-15T03:52:57Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/25462
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25462
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29175
dc.description Abstract: Renewable energy use in Indonesia is still very low. Greenpeace Indonesia is a Non Government Organization (NGO) for the environmental movement. In an effort to  spread Greenpeace Indonesia environtmental and renewable enery campaign, the Summer Festival 2.0 event was created. This research aim to analyze the planning in Summer Festival 2.0. This study uses a qualitative method with a case study approach. The data collection technique is done by interview and observation and documentation. The resulf of this study is the succesfull of this planning is subjective based on the perspective of each participant. The management of events is well realising but feedback from participants is not good. The presented messaged are informative and persuasive and well conveyed because the activities are done by those who are skilled in the environment and any other skills. The communication strategy of the campaign of public relations, which is used in the use of media for promotion events, begins with digital media and social media, which will need a budget to do paid promotion to the media. With this event being held, renewable energy campaigns are more widely dispersed and messages can be relent to daily life.Key Word: Summer Festival 2.0 Event, Renewable Enery, Campaign, Management Event, Promotion, Media, Informative Message, Persuasive MessageAbstrak: Penggunaan energi terbarukan di Indonesia masih sangat rendah. Greenpeace Indonesia merupakan Non Government Organization (NGO) yang bergerak dalam bidang lingkungan. Sebagai upaya untuk menyebarkan kampanye lingkuangan dan energi terbarukan yang diusung Greenpeace Indonesia maka dibuatlah event Summer Festival 2.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan event Summer Festival 2.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah keberhasilan perencanaan event bersifat subjektif tergantung dari perspektif masing-masing partisipan. Tahapan manajemen event terealisasikan dengan baik namun feedback dari peserta kurang baik. Pesan yang disampaikan bersifat informatif dan persuasif dan tersampaikan dengan baik karena kegiatan dilakukan oleh pihak yang ahli dalam bidang lingkungan dan keterampilan. Taktik komunikasi dari teori strategi kampanye public relations yang digunakan dalam penggunaan media untuk promosi event diawali dengan pembuatan digital media dan sosial media, dimana dalam promosi tersebut memerlukan budget untuk melakukan promosi berbayar di media. Dengan diadakannya event ini, kampanye energi terbarukan lebih tersebar luas dan pesan yang disampaikan bermanfaat untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.Kata Kunci: Event Summer Festival 2.0, Energi Terbarukan, Kampanye, Manajemen Event, Promosi, Media, Penyusunan Pesan Informatif, Penyusunan Pesan Persuasif
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/25462/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 105-111
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 7, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2021); 105-111
dc.source 2460-6510
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Event Summer Festival 2.0, Energi Terbarukan, Kampanye, Manajemen Event, Promosi, Media, Penyusunan Pesan Informatif, Penyusunan Pesan Persuasif
dc.title Event Summer Festival 2.0 Greenpeace Indonesia dalam Memperkenalkan Energi Terbarukan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account