Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Efektivitas Belajar Online melalui Aplikasi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Putra, Vicky Laksana
dc.creator Yuniati, Yenni
dc.date 2021-01-22
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:56:01Z
dc.date.available 2021-03-15T03:56:01Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/25993
dc.identifier 10.29313/.v7i1.25993
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29265
dc.description Abstract.The internet has many benefits and can be used by all humans, both in terms of business, education, health, science, social politics, and various other information. The use of the internet is supported by the existence of an application where this application can communicate remotely not only listening to sounds but we can look at each other. These applications are like Line, WhatsApp, Zoom, and so on. Because of the Covid-19 Virus, people's activities are disrupted, causing people to rake in office, school, entertainment, shopping, and so on in their respective homes so they don't get infected by the Covid-19 Virus. The existence of this learning activity becomes E-Learning or Online learning. Researchers examined the relationship between the effectiveness of online learning through applications and the learning motivation of SMA Negeri 1 Pasawahan students which coincided in Purwakarta Regency. The method used by researchers is quantitative research methods, with a correlational study approach. With these activities, whether the teacher as a communicator for students can provide effective learning activities. This study uses the theory of psychology of Communicators Carl Hovland and Wlater Weiss. The results of this study indicate that there is a relationship between the effectiveness of online learning through applications and the learning motivation of SMA Negeri 1 Pasawahan students, the average number of eight dimensions is 74.33%, which means that it is included in the category. both are in the range of scores ranging from 68.01 to 84.00. This means that learning motivation in SMA 1 Pasawahan students is well maintained, so that the learning system for students continues to run enthusiastically. There is a relationship between the effectiveness of learning through online with indicators of credibility, attraction, and power on learning motivation for SMA Negeri 1 Pasawahan students. KeyWords: Online Learning, Pandemic Period, Effectiveness, Communicator.Abstrak. Internet memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan oleh semua manusia, baik dari segi bisnis, pendidikan, kesehatan, ilmu pengetahuan, sosial politik, dan berbagai informasi lainnya. Penggunaan internet di dukung dengan adanya sebuah aplikasi adanya aplikasi tersebut dapat melakukan komunikasi dengan jarak jauh tidak hanya mendengarkan suara akan tetapi kita dapat menatap satu sama lain. Aplikasi tersebut seperti Line, WhatsApp, Zoom, dan lain sebagainya. Karena  adanya Virus Covid-19 membuat aktivitas masyarakat terganggu, membuat masyarakat menggerjtelah tugas kantor, sekolah, hiburan, melakukan berbelanja, dan lain sebagainya dilakukan rumahnya masing-masing agar tidak tertular oleh Virus Covid-19. Adanya hal tersebut kegiatan belajar menjadi belajar E-Learning atau Online. Peneliti meneliti mengenai hubungan Efektivitas Belajar Online Melalui Aplikasi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan yang bertepatan di Kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian kuantitatif, dengan pendekatan studi korelasional. Dengan adanya kegiatan tersebut maka apakah Guru sebagai komunikator bagi siswanya dapat memberikan kegiatan belajar yang efektiv. Penelitian ini menggunakan Teori psikologi Komunikator  Carl Hovland dan Wlater Weiss Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat, hubungan antara Efektivitas Belajar Online Melalui Aplikasi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan, jumlah rata-rata dari delapan dimensi 74,33% artinya masuk dalam kategori baik berada pada kisaran rentang skor 68.01-84.00. Artinya Motivasi Belajar pada siswa SMA 1 Pasawahan tetap terjaga dengan baik, sehingga system pembelajaran bagi siswa tetap berjalan dengan antusias. Terdapat hubungan antara efektivitas belajar melalui online dengan indikator kredibilitas, Atraksi,dan kekuasaan terhadap motivasi belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan.Kunci Kata : Belajar Online, Masa pandemi, Efektivitas, Komunikator. 
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.publisher Prosiding Jurnalistik
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/view/25993/pdf
dc.rights Copyright (c) 2021 Prosiding Jurnalistik
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 7, No 1, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2021); 112-116
dc.source Prosiding Jurnalistik; Vol 7, No 1, Prosiding Jurnalistik (Februari, 2021); 112-116
dc.source 2460-6529
dc.source 10.29313/.v7i1
dc.subject Jurnalistik
dc.subject Belajar Online, Masa pandemi, Efektivitas, Komunikator (Online Learning, Pandemic Period, Effectiveness, Communicator)
dc.title Hubungan Efektivitas Belajar Online melalui Aplikasi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pasawahan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Jurnalistik [280]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi konsentrasi Jurnalistik

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account