Universitas Islam Bandung Repository

Brand Awareness Kartelokal sebagai Wadah Promosi Brand Lokal Bandung

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Ramadhan, Muhammad Fatur
dc.creator Maryani, Anne
dc.date 2020-08-24
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:13Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:13Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23079
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23079
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29295
dc.description Abstract. Brand is something that is certainly familiar to our ears, because Brand is an important consideration when consumers are going to buy a product. Local Brand is a product that comes from within the country, is produced and marketed in the country itself. However, as we know in Indonesia at this time, local products have begun to decline in their selling power, as a result of being unable to compete with foreign products. A Kartelokal that was born in Bandung as a movement to show pride and passion for local products. Originating from the initiation, Kartelokal as a group of local brands with distinctive characteristics, the goal is to make the local brand stronger, Kartelokal also utilizes an online promotion tool through social media. to promote events and local brands that are affiliated with Kartelokal. Therefore, the authors are interested in researching "Kartelokal Brand Awareness as a Promotion Place for Bandung Local Brands". The purpose of this study was to determine the stages of planning, implementation, and evaluation results of Kartelokal Brand Awareness as a Promotion Place for Bandung Local Brands. The method used is a qualitative research method with a case study approach. Data Collection Techniques There are two types of data needed in this study, namely primary data (interviews and observations) and secondary data. The results of the study were obtained through interviews conducted with 4 informants who were divided into 1 main informant as the founder of Kartelokal and 3 informants as staff from the Kartelokal party and 1 informant as visitors from external parties, and direct observation of events conducted by Kartelokal, such as events that The last one held was the Storeless Warehouse Sale which took place at the Backyard Collective on 6-8 December 2019.Keywords: Brand, Brand Local, Brand Awareness, Kartelokal, Promotion. Abstrak. Brand merupakan sesuatu yang tentunya tidak asing di telinga kita, karena Brand menjadi salah satu pertimbangan penting ketika konsumen akan membeli suatu produk. Brand Lokal merupakan produk yang berasal dari dalam negri, diproduksi dan dipasarkan di dalam negri sendiri. Namun seperti yang kita ketahui Indonesia pada saat ini, produk lokal sudah mulai menurun daya jualnya, akibat kalah saing dengan produk asing. Kartelokal yang lahir di Bandung sebagai salah satu gerakan untuk menunjukkan kebanggaan dan kegemaran terhadap produk lokal. Berasal dari inisiasi, Kartelokal sebagai sekumpulan Brand lokal yang mempunyai ciri khas, tujuannya agar Brand lokal lebih kuat, Kartelokal juga memanfaatkan salah satu alat promosi online melalui media sosial. guna mempromosikan acara dan Brand-brand lokal yang tergabung bersama kartelokal. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai “Brand Awareness Kartelokal Sebagai Wadah Promosi Brand Lokal Bandung”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil evaluasi Brand Awareness Kartelokal Sebagai Wadah Promosi Brand Lokal Bandung. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan Data Ada dua jenis data yang dibutuhkan dalam Penelitian ini,  yaitu data primer (wawancara dan observasi) dan data sekunder. Hasil Penelitian diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada 4 orang informan yang dibagi menjadi 1 informan utama sebagai founder Kartelokal dan 3 Informan sebagai staff dari pihak Kartelokal serta 1 Informan sebagai pengunjung dari pihak eksternal, dan observasi langsung pada event yang dilakukan oleh Kartelokal, seperti event yang terakhir terselanggarakan yaitu Storeless Warehouse Sale yang berlangsung di Backyard Collective pada tanggal 6-8 Desember 2019.Kata Kunci: Brand, Brand Lokal, Brand Awareness, Kartelokal, Promosi.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23079/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 400-404
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 400-404
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Brand, Brand Lokal, Brand Awareness, Kartelokal, Promosi.
dc.title Brand Awareness Kartelokal sebagai Wadah Promosi Brand Lokal Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account