Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Penggunaan Fitur pada Aplikasi Otten Coffee dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi tentang Kopi

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Yuditha, M. Reza
dc.creator Wiksana, Wiki Angga
dc.date 2020-08-25
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:17Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:17Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23905
dc.identifier 10.29313/.v6i2.23905
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29308
dc.description Abstract. This research describes about correlation between  feature usage application Otten Coffee with fulfilment information need Member of Manual Brew Community about coffee. The purpose of this were to find the correlation significance between the intensity, contents of the message and interactivity of feature Otten Coffee application with fulfillment of member of Manual Brew Community about coffee. This research adopts Uses and gratificatin ny Katz, Blumber, and Gurevitch  theory which consists of three pillars, there are intensity, contents of the message and interactivity. The method that used in this research is correlational quantitative method. The sampling technique used is simple random sampling. The object of this research are member of Manual Brew Community. The process of collecting datas using questionnaires which are distributed to 89 respondents. The analysis technique used in this research are descriptive data analysis and inferential analysis. Result of this research indicates that there are significant correlations between intensity, contents of the message and interactivity with fulfillment of  information needs about coffee.  Keywords—Information needs,Uses and Gratifications, Otten Coffee. Abstrak. Penelitian ini membahas tentang hubungan antara penggunaan fitur pada aplikasi otten coffee dengan pemenuhan kebutuhan informasi anggota manual brew community tentang kopi . Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan, isi pesan dan interaktivitas fitur pada aplikasi Otten Coffee dengan pemenuhan kebutuhan informasi anggota manual brew community pengguna aplikasi Otten Coffee. Penelitian ini mengadopsi teori Uses and Gratifications yang dicetuskan oleh Katz, Blumber, dan Gurevitch yang terdiri dari 3 pilar yaitu intensitas penggunaan, isi pesan dan interaktivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel acak sederhana. Objek penelitian ini adalah anggota manual brew community. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 89 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan, isi pesan dan interaktivitas dengan pemenuhan kebutuhan informasi tentang kopi.Kata Kunci: Kebutuhan Informasi, Uses and Gratifications, Otten Coffee.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/23905/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 542-546
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 542-546
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Kebutuhan Informasi, Uses and Gratifications, Otten Coffee , Information needs,Uses and Gratifications, Otten Coffee
dc.title Hubungan antara Penggunaan Fitur pada Aplikasi Otten Coffee dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi tentang Kopi
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account