Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh “Sales Promotion” di Instagram terhadap Keputusan Pembelian

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Hardimura, Arfin Fadila
dc.creator Zulfebriges, Zulfebriges
dc.date 2020-08-24
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:33Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:33Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22978
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22978
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29341
dc.description Abstract. Business development in this globalization era is getting tougher, now a days people prefer to use online media for any purpose. The development of culinary business is increasingly rapid and diverse in line with the demands of life's needs. Belah Doeren as a durian specialist from Bandung presents a variety of processed durian menus and markets its products using promotional forms through Instagram. Some companies do not use a form of promotion that ultimately results in a company going bankrupt. So that a company in marketing its products is required to have an attractive promotion strategy in retaining its customers, one of which is by doing a form of promotion that is sales promotion. The research objective is to determine the effect of sales promotion premi, discount, and price packs @belahdoeren on purchasing decisions on active followers. The research method uses a quantitative approach. Data collection techniques using literature study, questionnaires (Google Form), and interviews. In determining the sample using a purposive sampling method. The population in this study is followers of @belahdoeren, amounting to 124 thousand followers. While the samples in this study were 100 active followers from @belahdoeren. The results of this study are, there are two of the three dimensions of sales promotion variables that have a significant influence on purchasing decisions, namely the premium and discount dimensions with sig values of 0,000 and 0,000 respectively because they have a sig value of <0.05. While one other dimension, namely the price package dimension, has a sig value > 0.05 which is equal to 0.077. This shows that the dimensions of the price package do not have a significant influence on purchasing decisions.Keywords—Sales Promotion, Instagram, Belah Doeren, Purchasing Decision, Active Followers. Abstrak. Perkembangan bisnis di era globalisasi ini semakin ketat, saat ini masyarakat lebih memilih menggunakan media online dalam tujuan apapun. Belah Doeren sebagai durian specialist dari Bandung menghadirkan berbagai macam menu olahan durian dan memasarkan produknya menggunakan bentuk promosi melalui Instagram. Beberapa perusahaan tidak menggunakan bentuk promosi yang pada akhirnya mengakibatkan suatu perusahaan bangkrut. Sehingga sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya dituntut untuk memiliki strategi promosi yang menarik dalam mempertahankan pelanggannya, salah satunya dengan cara melakukan bentuk promosi yaitu sales promotion. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh sales promotion premi, diskon, dan paket harga @belahdoeren terhadap keputusan pembelian pada followers aktif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesioner (Google Form), dan wawancara. Dalam penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu followers dari @belahdoeren yang berjumlah 124 ribu followers. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah followers aktif dari @belahdoeren sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu, terdapat dua dari ketiga dimensi variabel sales promotion yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu dimensi premi dan diskon dengan nilai sig masing-masing 0,000 dan 0,000 karena memiliki nilai sig < 0,05. Sedangkan satu dimensi lainnya yaitu dimensi paket harga memiliki nilai sig > 0,05 yaitu sebesar 0,077. Hal tersebut menunjukan bahwa dimensi paket harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: Sales Promotion, Instagram, Belah Doeren, Keputusan Pembelian, Followers Aktif.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22978/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 385-390
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 385-390
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Sales Promotion, Instagram, Belah Doeren, Keputusan Pembelian, Followers Aktif.
dc.title Pengaruh “Sales Promotion” di Instagram terhadap Keputusan Pembelian
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account