Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Komunikasi Pemasaran “Bakar Uang” di Bukalapak terhadap Minat Beli Pelanggan

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Fikrillah, Adhitya Fajar
dc.creator Rachmawati, Indri
dc.date 2020-08-23
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:58:46Z
dc.date.available 2021-03-15T03:58:46Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22867
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22867
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29357
dc.description Abstract. With the development of technology and the number of online shopping (e-commerce) companies in Indonesia, it encourages companies to compete to attract potential consumers and generate buying interest, through various ways, one of which is by holding promotions. Research purposes (1) To find out whether there is an effect of an informative sales promotion at Bukalapak on customer buying interest. (2) To find out whether there is an effect of persuasive sales promotions at Bukalapak on customer buying interest. (3) To find out whether there is an effect of reminding sales promotions at Bukalapak on customer buying interest. The theory used in this research is marketing communication theory, sales promotion theory and buying interest theory. The research methodology used in this study is simple regression. The population is 141 people. The sample used probability sampling totaling 42 respondents. The data collection technique was carried out through a questionnaire distributed online. Test the prerequisite of analysis with the classic assumption test. The results of this study indicate that: (1) the informartive facor has no influence on buying interest in Bukalapak, (2) the persuasive factor has influence on buying interest in Bukalapak, and (3) the reminding factor has no influence on buying interest in BukalapakKeyword: Promotion, “Money Burning”, Purchase Interest.Abstrak. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan banyaknya perusahaan belanja online (e-commerce) yang terdapat di Indonesia, mendorong perusahaan bersaing menarik calon konsumen dan menimbulkan minat beli, melalui berbagai cara salah satunya dengan mengadakan promosi. Tujuan Penelitian. (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan yang bersifat informatif di Bukalapak terhadap minat beli pelanggan. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan yang bersifat persuasif di Bukalapak Terhadap minat beli pelanggan. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan yang bersifat mengingatkan di Bukalapak terhadap minat beli pelanggan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi pemsaran, teori promosi penjualan dan teori minat beli. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Populasi berjumlah 141 orang. Sampel menggunakan probability sampling berjumlah 42 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang disebarkan online. Uji prasyarat analisis dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) faktor informative tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli pelanggan pada Bukalapak, (2) faktor persuasive memiliki pengaruh terhadap minat beli pelanggan pada Bukalapak, dan (3) faktor reminding tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli pelanggan pada Bukalapak.Kata Kunci: Promosi, “Bakar Uang”, Minat Beli.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22867/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 364-371
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 364-371
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Promosi, “Bakar Uang”, Minat Beli.
dc.title Pengaruh Komunikasi Pemasaran “Bakar Uang” di Bukalapak terhadap Minat Beli Pelanggan
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account