Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Animasi Toy Story 4

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Komunikasi
dc.creator Hakim, Muhammad Aufa
dc.creator Rochim, Moch
dc.date 2020-08-20
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:59:03Z
dc.date.available 2021-03-15T03:59:03Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22621
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22621
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/29381
dc.description Abstract: Nine years ago, after the last Toy Story sequel worked on by Pixar all the viewers felt that this Toy Story 3 sequel was the last film in the series, because Toy Story 3 was indeed one of the successful films worked out by Pixar, and in the end Josh Cooley's film directed with a charming animation and studded with many jokes that make it the best Pixar film. With the latest sequel from Toy Sory, this research wants to examine the moral messages contained in the animated film Toy Story 4.This research aims to be able to add film media studies, and contribute to the understanding of film semiotics, and it is hoped that the public can provide an understanding that film can be used as a means of conveying certain values behind existing thinking, and the public can see and filter messages that are delivered through the media, especially the Toy Story 4 film.The research methodology used in this study is qualitative research with Roland Barthes's semiotic analysis research method, with data sources namely primary data (Toy Story 4 films) and secondary data (reference books). Data collection through observation or overall observation on the object of research, as well as reading some literature (books, articles, journals, internet, thesis, and so on). And using tringulation techniques as the validity of the data from this study.The results of this study were carried out by the analysis of moral messages using the semiotic analysis of Roland Barthes. The moral messages contained in the Toy Story 4 animated film are some of the scenes that have been selected previously by researchers, which reflect moral messages namely Mutual Cooperation To Achieve goals, loyalty And Loyalty Is Not Able To Be Purchased With Money, The Importance Of Appreciating Yourself, The Importance Of Life Purpose And Listening To Your Conscience, Don't Give Up To Try, Don't Be Afraid Of Trying A New Thing, Your Own Happiness Is Important.Keywords: Semiotic, Moral Message, Animation FilmAbstrak: Sembilan tahun yang lalu, setelah terakhir sekuel Toy Story digarap oleh Pixar semua penontonnya merasa bahwa sekuel Toy Story 3 ini adalah film terakhir dari seri ini, Karena memang film Toy Story 3 menjadi salah satu film yang sukses di garap oleh Pixar, dan pada akhirnya film arahan Josh Cooley ini digarap dengan animasi yang memesona dan bertabur banyak lelucon yang membuatnya menjadi film terbaik Pixar. Dengan adanya sequel terbaru dari Toy Sory penelitian ini ingin meneiti pesan – pesan moral yang terdapat dalam film animasi Toy Story 4. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menambah kajian media film, dan memberikan kontribusi pada pemahaman semiotika film, serta diharapkan bagi masyarakat dapat memberikan pemahaman bahwa film dapat dijadikan sebagai sarana penyampaian nilai-nilai tertentu dibalik pemikiran pemikiran yang ada, dan masyarakat bisa melihat dan menyaring pesan yang disampaikan melalui media khususnya film Toy Story 4.Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode penelitian analisis semiotika Roland Barthes, dengan sumber data yaitu data primer (film Toy Story 4) dan data sekunder (buku referensi). Pengumpulan data melalui observasi atau pengamatan secara menyeluruh pada objek penelitian, serta membaca beberapa literatur (buku, artikel, jurnal, internet, skripsi, dan sebagainya). Dan menggunakan teknik tringulasi sebagai keabsahan data dari penelitian ini.Hasil penelitian dari penelitian ini yang dilakukan dengan analisis pesan moral dengan  menggunakan analisis semiotika Roland Barthes Pesan moral yang terdapat dalam film animasi Toy Story 4 dari beberapa scene yang telah dipilih sebelumnya oleh peneliti, yang mencerminkan pesan moral yakni Saling Bekerja Sama Untuk Mencapai tujuan, loyalitas Dan Kesetiaan Tidak Mampu Dibeli Dengan Uang, pentingnya Menghargai Diri Sendiri, pentingnya Tujuan Hidup Dan Dengarkan Hati Nurani, Jangan Menyerah Untuk Mencoba, Jangan Takut Mencoba Suatu Hal Yang Baru, kebahagiaan Diri Sendiri Itu Penting. Kata Kunci: Semiotika, Pesan Moral, Film Animasi
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/22621/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 251-254
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 6, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2020); 251-254
dc.source 2460-6537
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Manajemen Komunikasi
dc.subject Semiotika, Pesan Moral, Film Animasi
dc.title Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Animasi Toy Story 4
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account