dc.description.abstract |
Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri A Kota Bandung tersebut
berdasarkan kebijakan pemerintah sebagaimana yang tercantum dalam system
Pendidikan Nasional, pada bab I tentang Kedudukan Umum Pasal 1 ayat (1),
kelangsungan Pendidikan Agama Islam tersebut tidak lepas dari berbagai factor
hambatannya namun dengan dilaksanakan dengan berbagai upaya yang dilakukan
oleh pihak SLB Negeri A Kota Bandung baik menyangkut perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian. Atas dasar itulah perlu ada penelitian di SLB Negeri A
Kota Bandung tersebut dengan masalah yang tergambar dalam judul: Analisis
Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Penyandang Tunanetra Di
SLB Negeri A Kota Bandung Tahun Ajaran 2014-2015. Tujuan dari penelitian ini
yaitu. (1) memperoleh data terkait perencanaan dalam proses pembelajaran
pendidikan agama Islam anak penyandang tunanetra di SLB Negeri A Kota
Bandung (2) memperoleh data terkait pelaksanaan dalam proes pembelajaran
pendidikan agama Islam anak penyandang tunanetra di SLB Negeri A Kota
Bandung (3) memperoleh data terkait penilaian dalam proses pembelajaran
pendidikan agama Islam anak penyandang tunanetra di SLB Negeri A Kota
Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
analitik, dan teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dalam penelitian ini yaitu. (a) perencanaan proses pembelajaran Pendidikan
Agama Islam anak penyandang tunanetra dengan cara membuat RPP yang sesuai
dengan Silabus dimana di dalam RPP tersebut terdapat kesusaian dengan silabus
seperti standar kompetensi (SK) dan kompetensi inti (KI). Selanjutnya, guru
merumuskan tujuan dan memilih model atau metode dalam untuk tercapainya
indikator dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru menentukan langkahlangkah
dalam rencana proses pembelajaran adapun langkah-langkahnya: (1)
indentitas mata pelajaran, (2) standar kompetensi, (3) kompetensi dasar, (4)
indikator pencapaian kompetensi, (5) tujuan pembelajaran, (6) materi ajar, (7)
alokasi waktu, (8) metode pembelajaran, (9) kegiatan pembelajaran, (10) penilaian
hasil belajar, (11) sumber belajar. (b) pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan
Agama Islam anak penyandang tunanetra dimana didalamnya terdapat langkahlangkah
proses pembelajaran.yaitu (1) kegiatan pendahuluan, (2) kegiatan intu, (3)
kegiatan penutup. (c) penilaian proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam anak
penyandang tunanetra, penilaian |
en_US |