dc.description.abstract |
Di dalam statistika cara mengendalikan atau mengontrol kualitas bisa
dilakukan dengan menggunakan diagram kendali atau control chart. Apabila
variabelnya hanya satu maka gunakan diagram kendali univariat. Tetapi jika
variabelnya lebih dari satu maka gunakan diagram kendali multivariat. Salah satu
diagram kendali multivariat adalah diagram kendali minimax, dimana diagram
tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi variabel mana yang menyebabkan proses
tidak terkendali. Diagram kendali minimax membutuhkan nilai rata-rata minimum
dan rata-rata maksimum dari sampel yang telah dibakukan atau dilakukan
standarisasi, untuk diplotkan ke dalam diagram kendali. Dalam skripsi ini
diasumsikan berdistribusi normal multivariat, sehingga penentuan batas kendali
minimaxnya sulit diperoleh karena harus mengetahui fungsi distribusi bersama dari
statistik order. Pembentukan diagram kendali minimax multivariat dengan metode tbootstrap
akan di aplikasikan ke dalam data sekunder dari angket hasil pengujian
karakteristik kulit pesawat airbus 2014 dengan ketebalan 1.6 mm pada bulan Maret-
Mei tahun 2015 di PT.Dirgantara Indonesia. Karakteristik atau variabel kulit pesawat
yang diamati adalah tensile strength, yield strength, elongation, hardness,
conductivity. Berdasarkan metode boostrap yang dilakukan sebanyak 10000 kali,
diperoleh batas-batas kendali dengan taraf nyata mulai 0,01 sampai dengan 0,10.
Dapat disimpulkan apabila menggunakan taraf nyata 0,01 kelima variabel yang
diamati berada di dalam kendali. Sedangkan mulai dari α = 0,02-0,06 nilai Z[1] tidak
terkendali di batas kendali minimum, sehingga harus membentuk diagram kendali
baru yang hanya memuat 4 variabel saja, tanpa mengikutsertakan variabel yang
berada di luar kendali. Mulai dari α = 0,07-0,10 nilai Z[1] tidak terkendali di batas
kendali minimum, dan nilai Z[5] tidak terkendali di batas kendali maksimum,
sehingga kelima variabel karakteristik kulit pesawat yang diamati berada dalam
kondisi yang tidak terkendali. |
en_US |