Abstract:
Personal branding adalah image yang kuat dan jelas yang ada di benak
seseorang mengenai diri sendiri, tiga aspek penting personal brand tersebut
adalah anda sendiri, janji dan hubungan. Personal Branding mungkin memang
sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang di Indonesia,
tidak memandang jenis kelamin baik pria maupun wanita semuanya melakukan
personal branding .
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara
sistematis data faktual mengenai Personal Branding Penyiar Radio Bandung yang
diperoleh dari Iqbal Ramadhan dan Vivie Novidia, sehingga dapat mengambil
kesimpulan yang relevan dengan permasalahan Personal Branding Penyiar Radio
Bandung, dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memperoleh
bentuk personal branding yang dilakukan oleh penyiar radio dalam branding diri
yang dilakukan. Di antaranya adalah eksistensi, meningkatkan kepercayaan diri,
dan kompetensi diri