Abstract:
Memasuki era digital ini promosi melalui internet memang telah dilakukan
oleh banyak pengusaha bahkan perusahaan, melihat mayoritas masyarakat
sekarang adalah pengguna internet aktif. Kemajuan teknologi juga telah
mendorong manusia lebih kreatif dalam memanfaatkannya. Fenomena tersebut
muncul bersamaan dengan kesadaran akan begitu kayanya kuliner Bandung, dan
memunculkan ide untuk mengunggah foto-foto kuliner asal Bandung dalam
sebuah akun instagram khusus dengan tujuan memperkenalkan serta
mempromosikan kuliner Bandung.
Akun instagram @dunia_kulinerbdg merupakan salah satu akun instagram
yang khusus membahas serta mempromosikan kuliner Bandung, telah dibuat sejak
akhir tahun 2013 namun baru digarap serius sejak Maret 2014 hingga sekarang.
Pamornya cukup tinggi jika dibandingkan akun instagram kuliner lain yang
seumuran dengannya, yang ditunjukkan dengan banyaknya followers.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses promosi yang dilakukan
akun instagram @dunia_kulinerbdg, bentuk kerjasama yang dilakukan dengan
para pengusaha kuliner, serta mengapa menjadikan instagram media promosi.
Hal-hal tersebut akan diteliti dan dianalisis melalui penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap
founder dari akun instagram @dunia_kulinerbdg, observasi terhadap kegiatankegiatan
yang dilakukan oleh founder atau pengelola akun instagram
@dunia_kulinerbdg, serta dilengkapi dengan dokumen track record akun
instagram @dunia_kulinerbdg sejak Maret 2014 hingga sekarang, dan studi
kepustakaan. Teori pendukung yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
kekayaan media (media richness theory).
Hasil penelitian yang didapat bahwa dunia kuliner Bandung melakukan
promosi dengan melewati beberapa tahap yaitu pemilihan media, menciptakan
daya tarik melalui foto, memperhatikan frekuensi kegiatan, memperhatikan isi
pesan, serta memperhatikan respon yang masuk. Terdapat dua jenis kerjasama
promosi antara dunia kuliner Bandung dengan pengusaha kuliner terkait, yaitu
paid promote dan free promote. Media yang dipilih dunia kuliner Bandung yaitu
instagram karena dinilai sebagai media yang bagus untuk melakukan publikasi
dan promosi melalui gambar/foto.