Abstract:
Penelitian ini membahas bagaimana kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap kepuasan nasabah pada Bank BRI Syariah KCP Rancaekek. Terlihat
bahwa jumlah NOA 3 tahun terakhir mengalami naik dan turun. Maka dari itu
tujuan penelian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan
mempengaruhi kepuasan nasabah pada Bank BRI Syariah KCP Rancaekek yang
menyebabkan terjadinya kenaikan dan penurunan jumlah NOA. Tehnik
pengambilan sampel menggunakan kuesioner dengan jumlah kuesioner 378
responden yang merupakan nasabah Bank BRI Syariah KCP Rancaekek. Variabel
dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen Kualitas Layanan (X) terdiri
dari Tangibles, Responsiveness, Assurance, Reliability, Emphaty, sedangkan
variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kepuasan Nasabah (Y). Alat uji
analisis yang digunakan adalah SPSS 25 dan Microsoft Excel dengan metode
analisis regresi sederhana
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa Tangibles,
Responsiveness, Assurance, Reliability, Emphaty berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasanan nasabah. Berdasarkan uraian deskriptif dapat
disimpulkan bahwa kualitas layanan di BRI Syariah KCP Rancaekek menurut
hasil jawaban responden melalui kuesioner terhadap 378 orang diperoleh
kesimpulan bahwa sebesar 87.30% yang menyatakan setuju pelayanan BRI
Syariah KCP Rancaekek sangat baik dan memuaskan. Berikut uraian hasil
penghitungan Kepuasan Nasabah berdasarkan indikatornya