Abstract:
Saat ini stasiun televisi di tanah air banyak menayangan acara infotainment.
Salah satu tayangan infotainment yang terkenal di Indonesia adalah “Insert
(Informasi Selebritis)”. Penelitian ini berjudul Hubungan Antara Tayangan Gosip
Selebritis Insert Dengan Pemenuhan Kebutuhan Mahasiswa (Studi Korelasional di
Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara
intensitas, isi tayangan, dan kredibilitas media Insert Dengan pemenuhan
kebutuhan kognitif, diversi (pelepasan) dan identitas personal mahasiswa. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Terpaan Media Rosengreen dan
Teori Uses & Gratifications Model Blumler.
Metode penelitian yang digunakan yakni korelasional, yang bertujuan
untuk meneliti hubungan diantara variabel-variabel dan sejauh mana variabel satu
berkaitan dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Fikom Unisba angkatan 2008, 2009, dan 2010. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yakni Sampling Berstrata (Stratified Sampling), dengan mengambil
batas kesalahan 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 56 orang.
Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.767 yang berarti
adanya hubungan kuat yang berarti (reliable) antara tayangan gosip selebritis
Insert Dengan pemenuhan kebutuhan mahasiswa. Semua indikator yang saling
berhubungannya memiliki nilai korelasi dengan tingkatan yang cukup berarti.