Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Keputusan Konsumen Terhadap Pemilihan Travel Umroh Menggunakan Metode Ahp

Show simple item record

dc.contributor.author Azyani, Shafia
dc.date.accessioned 2023-01-17T03:10:25Z
dc.date.available 2023-01-17T03:10:25Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30742
dc.description.abstract Setiap muslim tentu ingin melaksanakan ibadah haji sebagai penyempurna ibadah. Namun dengan banyaknya antusias umat Islam yang ingin pergi haji, maka diberlakukanlah daftar tunggu haji yang membutuhkan waktu yang lama. Dengan diterapkannya daftar tunggu haji, ibadah umroh dijadikan sebagai alternatif sehingga banyak diminati. Tingginya minat umroh, memicu persaingan antar travel umroh atau biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). Maka dari itu, pihak travel harus menyusun strategi pemasaran yang menitikberatkan pada keputusan konsumen dalam memilih travel umroh. Penulis akan meneliti bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih suatu travel umroh dan bagaimana analisis urutan prioritas faktor keputusan konsumen terhadap pemilihan travel umroh menggunakan metode AHP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data ini diperoleh langsung dari responden dan data pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa faktor yang memengaruhi keputusan konsumen terhadap pemilihan travel umroh adalah faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi. Lalu, hasil pengolahan data yang dilakukan menggunakan software expert choice diperoleh urutan prioritas faktor keputusan konsumen terhadap pemilihan travel umroh yang utama ialah faktor pribadi dengan bobot 0,368 kemudian faktor sosial dengan bobot 0,358 dan faktor budaya dengan bobot 0,274. en_US
dc.publisher Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Umroh, Keputusan Konsumen, Metode AHP en_US
dc.title Analisis Keputusan Konsumen Terhadap Pemilihan Travel Umroh Menggunakan Metode Ahp en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account