Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Prinsip Muamalah Terhadap Jual Beli Online Pada Aplikasi Bukalapak (Program Serbu Seru)

Show simple item record

dc.contributor.author Rachmayanti, Sofia
dc.date.accessioned 2023-01-17T07:04:17Z
dc.date.available 2023-01-17T07:04:17Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30748
dc.description.abstract Fenomena transaksi jual beli online melalui program yang menaruh harga lebih rendah membuat ketertarikan untuk membeli barang tersebut, harga murah diluar harga normal membuat masyarakat tertarik untuk mengikuti program dari Bukalapak Serbu Seru. Adanya ketidakseimbangan antara apa yang dikeluarkan dengan apa yang diterima, masyarakat cukup membayar 1 Rupiah sudah berkesempatan mendapatkan mobil, motor, handphone dan jenis barang lainnya, bahkan terdapat penyerbu yang sudah memenangkan barang yang dipilihnya namun tidak menerima barang tersebut. Maka perlu dilakukan penelitian untuk membahas analisis prinsip muamalah terhadap transaksi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli online pada media elektronik, model transaksi jual beli online pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru, dan analisis prinsip muamalah terhadap model transaksi pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analitis. Jenis penelitian adalah lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian ini bahwa: Pertama, prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli online pada media elektronik sudah memenuhi sembilan prinsip muamalah. Kedua, Transaksi pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru terdapat harga yang tidak seimbang, penyerahan barang yang ditidak sesuai ketentuan, dan terdapat biayabiaya lain yang nilainya lebih besar dari harga yang dipromosikan. Ketiga analisis prinsip muamalah terhadap model transaksi jual beli online pada aplikasi Bukalapak Serbu Seru yang sudah memenuhi prinsip muamalah yaitu: prinsip mubah, halal, maslahah, manfaat, kerelaan, dan tertulis. Namun yang tidak memenuhi prinsip muamalah yaitu: prinsip keseimbangan, amanah dan keadilan. en_US
dc.publisher Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Prinsip Muamalah, Jual Beli Online, Bukalapak en_US
dc.title Analisis Prinsip Muamalah Terhadap Jual Beli Online Pada Aplikasi Bukalapak (Program Serbu Seru) en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account