| dc.contributor.author | Rafi, Achmad | |
| dc.date.accessioned | 2023-01-24T04:18:27Z | |
| dc.date.available | 2023-01-24T04:18:27Z | |
| dc.date.issued | 2019 | |
| dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/30767 | |
| dc.description.abstract | Pada zaman yang berkembang ini kita mengetahui bahwa pendidikan yang tinggi dapat mengehasilkan karakter berpendirian tinggi yang dapat membangun bangsa. Tidak terlepas dari semua ajaran-ajaran yang diberikan guru kepada murid. Yang menjadi masalahnya adalah dari semua ilmu yang dipelajari semua akan sirna bila tidak diiringi dengan akhlakur karimah atau perbuatan yang baik. Dasarnya adalah semua ilmu berasal dari Allah Azza wa jalla tetapi jika tidak dituntun dengan perbuatan yang baik sebagai kompas kehidupan maka ilmu yang selama ini diberi dari guru akan terasa sia-sia dan menggunakan ilmu tersebut untuk perbuatan buruk seperti mencuri, korupsi bahkan membunuh. Imam Al- Ghazali berpendapat bahwasanya ilmu itu selalu didasar dengan perbuatan yang baik. Jika dikiaskan bias dibilang ilmu adalah sebuah pisau, bila ilmu itu diperdalam maka pisau itu diasah. Bila ilmu itu dipergunakan ddiiringi dengan akhlak yang baik maka pisau itu digunakan untuk memotong sayuran. Begitupun sebaliknya jika ilmu dibebani dengan akhlak yang buruk maka pisau itu digunakan untuk mengancam orang bahkan untuk membunuh. Semua itu tidak lepas dari pengaruh guru untuk selauu menuntun murid menuju jalan yang sudah semestinya diberikan dari Allah yang dimana akan menuntun mereka juga ke surga kelak. Perlu kita ketahui guru itu sangat penting agar murid tidak tersesat ke jalan yang salah. Dengan metode dan alat yang sudah dipersiapkan, guru akan membawa memberikan ilmu tidak hanya ilmu tentang dunia tetapi menjaga ilmu tersebut selalu aman digunakan dengan menggunakan akhlak yang baik, peerbuatan yang sopan serta menjadi suatu penghargaan yang akan membuat orang tua murid senang dengan apa yang dimiliki oleh anak tersebut | en_US |
| dc.publisher | Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung | en_US |
| dc.subject | guru, akhlak, pendidikan. | en_US |
| dc.title | Implikasi Konsep Akhlak Imam Al-Ghazali Tehadap Cara Mendidikan Anak Skripsi | en_US |