| dc.contributor.author | Nugraha, Cahya Agung | |
| dc.date.accessioned | 2023-01-24T07:41:07Z | |
| dc.date.available | 2023-01-24T07:41:07Z | |
| dc.date.issued | 2020 | |
| dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/30770 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti program kelompok remaja Islam terhadap etika komunikasi siswa kepada guru di SMA PGII 2 Kota Bandung. Selanjutnya, penelitian ini menerangkan tentang etika komunikasi yang seharusnya dilakukan oleh siswa kepada guru sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan siswa dalam program kelompok remaja Islam terhadap etika komunikasi kepada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa yang menjadi anggota kelompok remaja Islam dengan sampel 42 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi satu prediktor. Teknik tersebut untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan siswa dalam program kelompok remaja Islam terhadap etika komunikasi kepada guru. Selain itu, penelitian ini didukung dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai penunjang data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dalam mengikuti program kelompok remaja Islam dengan etika komunikasi siswa kepada guru di SMA PGII 2 Bandung. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,080 dengan signifikansi sebesar 0,069 dimana p > 0,05. Hal ini menjelaskan bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti program kelompok remaja Islam belum menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas etika komunikasi siswa kepada guru, sehingga hipotesis kerja ditolak. Hasil uji regresi sederhana diperoleh R-square 0,08 atau sebesar 8% dan sisanya 92 % dipengaruhi oleh variabel yang belum terungkap dalam penelitian ini. Kesimpulannya program kelompok remaja Islam masih belum mengarahkan siswa kepada peningkatan kualitas etika komunikasi siswa kepada guru. Hal ini dibuktikan dari penilaian akhir tentang program ini yang lebih berorientasi pada aspek kognitif siswa dalam wawasan keislaman dibandingkan dengan aspek afektif siswa. Selain itu, visi dan misi yang masih normatif serta program-program kerja belum mengarahkan siswa kepada peningkatan kualitas etika komunikasi kepada guru. | en_US |
| dc.publisher | Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung | en_US |
| dc.subject | Keaktifan, Kelompok Remaja Islam, Etika Komunikasi | en_US |
| dc.title | Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Program Kelompok Remaja Islam Terhadap Etika Komunikasi Siswa Kepada Guru Di Sma Pgii 2 Kota Bandung | en_US |