Abstract:
Tujuan Penlitian ini adalah untuk mengetahui proses pada program Market Day di
SD IT Bina Insan Cendikia yang didalam proses tersebut terdapat perencanaan
Program Market Day, Pelaksanaan Program Market Day dan Evaluasi Program
Market Day. Tujuan utama penelitian ini yaitu mengetahui karakter kewirausahaan
yang dihasilkan dari prorgam Market Day pada peserta didik, serta nilai nilai Islam
yang terkandung dalam program Market Day ini yang berguna untuk kehidupan
sehari-hari peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitik
alasanya menggunakan metode ini yaitu didasarkan pada permasalahan yang aktual
dan perlu pemecahan untuk masa sekarang. Pelaksanaan metode-metode deskriptif
tidak hanya pada pengumpulan dan penyusunan data tapi meliputi analisis dan
interpretasi. Teknik penelitian yang digunakan menggunakan triangulasi yaitu studi
Observasi, Studi Wawancara dan Studi Dokumentasi. Oservasi meliputi deskrpsi
yang faktual tentang apa yag dilihat di dengar dan dirasakan, wawancara meliputi
pengumpulan informasi yang terkandung dalam hati dan pikiran orang lain, dan
dokemntasi berupa sumber-sumber informasi baik dokumen tertulis maupun
gambar-gambar.
Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini berupa manjement program
yaitu perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi, serta menganalisis hasil dari program
tersebut yang terdapat karakter kewirausahaan dan nilai-nilai Islam di dalam
manejement tersebut. Penerapan manajement tersebut menghasilkan apa yang
menjadi tujuan penelitian ini yaitu dapat menumbuhkan karakter kewirausahaan
seperti rasa berani, tangung jawab, kreatif, berfikir kritis, dan pantang menyerah.
Nilai-nilai islam yang dihasilkan dalam program Market Day juga yaitu peserta
didik terlihat lebih bersyukur, tawakal sabar, jujur dan ikhlas. Hasil tersebut terlihat
dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan tersebut. Guru juga menilai
perubahan karakter peserta didik.