Abstract:
Al-quran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad
Sallallahu ‘Alaihi Wasallam secara berangsur-angsur sebagai pedoman bagi umat
manusia. untuk melestarikan keaslian al-Quran maka perlu menghadirkan para
penghafal al-Quran. untuk memudahkan proses menghafal al-Quran maka
dibutuhkan suatu metode sebagai penunjangnya. Pada penelitian ini peneliti
mengambil lokasi penelitian Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi yang
menggunakan metode tikrar sebagai penunjang hafalan al-Quran siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui berapa besar
pengaruh dari penggunaan metode tikrar terhadap kemampuan menghafal al-Quran
pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi. Penelitian ini diharapkan dapat
dimanfaatkan sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajaran yang
lebih baik lagi bagi calon hafidz dan hafidzah sehingga hafalan al-Quran akan
semakin efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan
pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 6
Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi. Penentuan informan atau subjek penelitian
ini dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.
Adapun hasil penelitian ini yaitu bahwa penggunaan metode tikrar
mempunyai pengaruh sebesar 0,876 atau 87,6% maka dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode tikrar memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan menghafal al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Al-
Islam Yuppi Soreang kabupaten Bandung.