Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Kelompok B Di Tk Telkom Dayeuhkolot Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Handayani, Dwi
dc.date.accessioned 2023-02-10T03:46:26Z
dc.date.available 2023-02-10T03:46:26Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30788
dc.description.abstract Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Kelompok B di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung. Dwi Handayani. NPM 10030216003. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap pengelolaan pembelajaran sains dalam mengembangkan aspek kognitif anak kelompok B di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran sains. Pengelolaan pembelajaran sains di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung mengacu pada Kurikulum 2013 dan bersumber pada bahan ajar Model Mahmud dari Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal , dan Informal (PP- PAUDNI) REGIONAL 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik untuk menggambarkan tentang pengelolaan pembelajaran sains dalam mengembangkan aspek kognitif anak kelompok B secara aktual dan sesuai yang ada di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data dianalisis secara deskriptif analitik. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pengelolaan terkait perencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran sains dalam mengembangkan aspek kognitif anak kelompok B di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung mengacu pada Kurikulum 2013 dan bersumber pada bahan ajar Model Mahmud dari Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal , dan Informal (PP- PAUDNI) REGIONAL 1 Bandung. Perencanaan pembelajaran sains meliputi program perencanaan kegiatan sains pada anak usia dini, persiapan alat dan bahan pembelajaran sains pada anak usia dini. Pelaksanaan pembelajaran sains kelompok B di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung dimulai dari langkah menata lingkungan main, pembukaan, transisi, kegiatan inti dan penutup. Penilaian pembelajaran sains dilakukan sesuai dengan indikator penilaian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data hasil observasi. Faktor pendukung pembelajaran sains terdiri dari faktor internal dan eksternal sedangkan faktor penghambat pembelajaran sains yaitu sulitnnya menyesuaikan pembelajaran sains yang sesuai dengan tema. en_US
dc.publisher Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Pengelolaan pembelajaran sains, Aspek Kognitif, Taman Kanak- Kanak. en_US
dc.title Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Kelompok B Di Tk Telkom Dayeuhkolot Bandung en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account