Universitas Islam Bandung Repository

Pengajaran Al-Quran Untuk Anak

Show simple item record

dc.contributor.author Inten, Dinar Nur
dc.date.accessioned 2023-04-07T06:35:14Z
dc.date.available 2023-04-07T06:35:14Z
dc.date.issued 2021-11-20
dc.identifier.issn 2686-5513
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30870
dc.description.abstract Mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, namun 65%nya atau sekitar 149 juta penduduknya tidak mampu membaca Al-Quran. Padahal Al-Quran merupakan pedoman hidup orang Islam yang sudah selayaknya setiap muslim mampu membaca, memahami dan mengamalkannya dalam keseharian. Berkaitan dengan Al-Quran maka sangat erat hubungannya dengan perkembangan moral agama seorang individu. Dimana salahsatu penentu perkembangan moral agama seseoorang merupakan pendidikan yang diberikannya dalam keluarga oleh orang tuanya. Semakin dini dan semakin baik keteladanan dan pembiasaan yang diberikan orang tua terkait pengamalan Al-Quran dalam keseharian maka hal tersebut akan menjadi role model dan pengalaman yang melekat, membekas dalam ingatan anak serta diamalkan anak selama hidupnya. Saat ini para guru berlomba memberikan pengajaran Al-Quran sebaik mungkin kepada anak dengan berbagai model dan metode pembelajaran termutakhir. Namun disaat pandemi melanda dan semua aktivitas belajar mengajar berpindah ke rumah maka orang tua dituntut mampu memberikan materi, metode dan bentuk evaluasi yang terbaik dan menyenangkan bagi anak. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengajaran Al-Quran untuk anak yang dilakukan oleh guru PAUD yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak, menggunakan metode juga evaluasi yang tepat serta penggemasan kegiatan tersebut agar dapat dilakukan oleh orang tua saat di rumah. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan jenisnya survey. Survey dilakukan kepada sejumlah guru PAUD dan orang tua yang berada di Kecamatan Tamansari. Analisis data dilakukan dengan penyebaran quesioner, kemudian data disusun, di analisis dan di tafsirkan. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar guru PAUD sudah mengetahui pentingnya pengajaran Al-Quran, metode dan materi namun dalam hal tahapan pelaksanaan dan pelibatan orang tua dalam pengajaran masih perlu ditingkatkan. en_US
dc.publisher Yayasan Pembina Masjid Salman ITB en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. III-1443 H / 2021 M;page 247-250
dc.subject Pengajaran, Al-Quran, Anak en_US
dc.title Pengajaran Al-Quran Untuk Anak en_US
dc.title.alternative PROSIDING Webinar Ilmiah Masjid III-1443 H / 2021 M Mendorong Peran Masjid dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia SKENARIO DAN STRATEGI PASCA PANDEMI COVID-19 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account