dc.contributor.author |
Vahlevi, Nanda |
|
dc.date.accessioned |
2016-03-05T03:17:15Z |
|
dc.date.available |
2016-03-05T03:17:15Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/3116 |
|
dc.description.abstract |
Program Selayang Pandang di Metro TV telah menciptakan agenda
media dalam menginformasikan sebuah berita fenomena dari kasus Cabe-cabean
di luar konteks program Metro TV yang di kenal oleh masyarakat yaitu
menyebarkan informasi berita seperti Headline News, Breaking News dan lain
sebagainya. Hal tersebut bagian dari agenda media yang dirancang Metro TV agar
minat masyarakat sebagai penontonnya menilai Metro TV bisa menayangkan
kasus berita yang sering di bicarakan di mata masyarakat, bukan hanya sekedar
menginformasikan berita mengenai politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Dari
sinilah bisa melihat betapa sebuah media mampu untuk memberitakan berbagai
macam kasus fenomena sekalipun stasion TV tersebut mempunyai segmentasi
diluar konteks pemberitaan mengenai kasus cabe-cabean itu sendiri.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori umumnya yaitu
menggunakan teori komunikasi massa. Adapun teori khususnya yaitu teori
Agenda Media dari Severin dan Tankard, yang analisisnya lebih menekankan
kepada visibility (visibilitas), audience salience (tingkat menonjol bagi khalayak)
serta valence (valensi).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi yang
merepresentasikan sebuah tayangan cabe-cabean di Metro TV yang bertajuk
selayang pandang lebih menekankan kepada agenda media pada tayangan Cabecabean
di acara sudut pandang Metro TV edisi Tanggal 18-19-20 Januari 2014
edisi satu, dua, dan tiga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara
sebagai data primer dan observasi serta studi kepustakaan sebagai data sekunder.
Hasil penelitian ditinjau dari visibility, audience salience, velence
(valensi), tayangan acara Cabe-cabean di Selayang Pandang Metro TV bertujuan
untuk menciptakan daya tarik masyarakat sebagai khalayak penonton yang tertarik
kepada berita fenomena yang sedang hangat dibicarakan. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Wulan Trigartanti, S.Sos., M.I.Kom. |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Komunikasi (UNISBA) |
en_US |
dc.subject |
Agenda Media, Visibility, Audience Salience, Valence, Tayangan Cabe-cabean di Metro TV |
en_US |
dc.title |
Agenda Media Tayangan Cabe-Cabean di Acara Selayang Pandang Metro TV |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |