Abstract:
Skripsi ini berjudul “Strategi Promosi Urban Coulture Melalui Media
Sosial Instagram dalam Memperkenalkan Produk” . Permasalahan yang diangkat
mengenai strategi promosi yang dilakukan Urban Coulture dengan menggunakan
media sosial Instagram dalam memperkenalkan produk yang mereka tawarkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi promosi
Urban Coulture dalam memperkenalkan produk mereka dengan menggunakan
media sosial yang ada yaitu Instagram. Metode yang digunakan penulis dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif. Di sini penulis mencoba untuk
menggambarkan secara objektif suatu strategi promosi Urban Coulture melalui
media sosial instagram dalam memperkenalkan produk. Sedangkan data untuk
menunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi
pustaka.
Penulis meneliti strategi promosi Urban Coulture melalui media sosial
instagram dalam memperkenalkan produk menggunakan teori tujuan promosi
(Alma dalam Hurriyati, 2010:56). Dalam teori ini disebutkan ada tiga dalam
melaksanakan promosi, antara lain: penginformasian (informing), membujuk
(persuading) dan mengingatkan (reminding). Sumber data penelitian ini
merupakan ini pemilihan sumber data atau key informan dipilih berdasarkan
pertimbangan penulis atas kebutuhan untuk mendapatkan data secara mendalam
dari fenomena yang diteliti. Adapun key informan yang dimaksud dalam
penelitian ini: 1. Alyuadi Febryansyah (Marketing Komunikasi & Admin
Instagram Urban Coulture).
Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi
Urban Coulture melalui medisa sosial Instagram dalam memperkenalkan produk,
lebih kepada bagaimana Urban coulture memakai media sosial yang ada yaitu
Instagram sehingga dapat memudahkan Urban Coulture dalam berpromosi dan
memperkenalkan produk yang mereka tawarkan. Urban Coulture juga berhati-hati
dalam setiap melakukan suatu tindakan. Selain dari penggunaan media sosial yang
sangat hati-hati karena media dapat sangat menguntungkan tetapi juga bisa
merugikan, karena hal itu admin Instagram Urban Coulture langsung dipegang
oleh marketing komunikasi agar penggunaanya lebih efektif. Kegiatan yang
dilakukan Urban Coulture dalam berpromosi dan memperkenalkan produk
melalui media sosial Instagram dinilai dapat memberikan suatu terobosan yang
baru dalam berpromosi dan memperkenalkan produk dengan pemanfaatan media
sosial yang baru. Hal ini juga sangat berguna untuk memudahkan manejemen
Urban Coulture dalam mengetahui langsung respon pasar terhadap produk yang
mereka tawarkan, karena pengguna media bisa dapat langsung berinteraksi
terhadap manajemen Urban Coulture dan dapat jadian acuan Urban Coulture
untuk lebih baik lagi kedepannya dalam hal promosi dan memperkenalkan
produk.