Abstract:
Distro sekarang sudah seperti hujan yang pasti ada di seluruh Indonesia
bahkan di dunia terutama di Bandung cikal bakal kehadiran distro, sekarang ada
ratusan distro memenuhi ruas jalan di Bandung dan sekarang sudah dikenal
sebagai kota fashion bahkan sudah dikenal sebagai kota distro yang dengan
maraknya, di beberapa tempat mangkal anak muda. Pada tahun 2011 adalah tahun
yang bersejarah karena Giov membuat keputusan yang berani dan mengejutkan
untuk industri kreatif fashion terutama di Bandung, yaitu rebranding dari Giov
menjadi Geoff. Keputusan tersebut diambil dikarenakan adanya perubahan pasar
dan nama yang dianggap terlalu feminim.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi rebranding distro Geoff
untuk meningkatkan minat konsumen dilihat dari segi STP (segmentation,
targeting, positioning. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan studi kasus.
Penelitian studi kasus ini bertujuan menggambarkan tentang karakteristik (ciriciri)
individu, situasi, kelompok tertentu. Data penelitian ini didapatkan melalui
wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah Bagaimana pihak dari Geoff melakukan
rebranding bukan hanya semata-mata mengubah nama saja, tetapi mengikuti
kebutuhan pasar bukan sekedar membutuhkan produk saja, tetapi membutuhkan
aktualisasi diri. Strategi rebranding yang dilakukan oleh Distro Geoff Bandung,
dalam memperkenalkan nama barunya agar konsumen lebih loyal kembali. Pasar
lah yang menuntut Geoff merubah nama dan merubah visi dan misi, sebuah
produk yang dianggap baru, keberadaan pengenalan dan kesadaran merek
dianggap penting.