Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Atribut Produk Islam Tabungan Muamalat Umroh terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Saulatyah, Syarifa
dc.date.accessioned 2015-09-11T03:36:34Z
dc.date.available 2015-09-11T03:36:34Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/371
dc.description.abstract Perkembangan industri perbankan syariah diiringi dengan terbukanya era informasi bebas, menyebabkan persaingan antar bank semakin ketat. Hal ini menyebabkan setiap bank berupaya membuat strategi untuk memenangkan persaingan. Di perbankan, keputusan konsumen untuk menjadi nasabah bank dapat didorong dengan atribut produk yang tepat. Atribut produk Islam tersebut terdiri dari beberapa indikator yaitu merek, label, kemasan, warna, jaminan, pelayanan, kualitas, dan akad. Atribut produk islam merupakan unsur produk yang dianggap penting dalam keputusan pembelian karena nasabah yang telah mendapatkan manfaat tertentu suatu produk, mereka akan loyal. Loyalitas nasabah tercermin dalam pembelian ulang secara konsisten dan bersedia merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Atribut Produk Islami di Bank Muamalat Kantor Cabang Bandung, tanggapan nasabah mengenai Atribut Produk Islami, loyalitas nasabah terhadap atribut produk Islam, dan pengaruh Atribut Produk Islami terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat. Metode yang digunakan adalah metode konklusif. Teknik pengumpulandata menggunakan kuesioner dengan metode cluster random sampling. Analisisdata dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik pengujianhipotesis menggunakan person product moment, analisis regresi linier sederhana, koefisien, koefisien determinasi, MSI (Methode of Successive Interval dengan bantuan program STAT97)dengan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20.00 for windows untuk mengetahui hubungan antaravariabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Atribut Produk Islamidi Bank Muamalat Kantor Cabang Bandung telah sesuai dengan kaidah Islam, tanggapan nasabah terhadap Atribut Produk Islami dapat di asumsikan baik. Hal ini terlihatdari jawaban responden yang memberi tanggapan positif terhadap Atribut Produk Islam yang dilakukan Bank Muamalat. Pengaruh Atribut Produk Islam tabungan muamalat umroh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat dengan koefisien korelasi sebesar 0.259 sedangkan 0,741 dipengaruhi oleh variabel lain yan tidak dimasukan dalam penilitian ini. en_US
dc.description.sponsorship H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si en_US
dc.publisher Fakultas Syari’ah (UNISBA) en_US
dc.subject Atribut Produk Islam, Loyalitas Nasabah en_US
dc.title Pengaruh Atribut Produk Islam Tabungan Muamalat Umroh terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Bandung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account