dc.contributor.author |
Novitasari, Rahayu |
|
dc.date.accessioned |
2016-04-21T04:30:01Z |
|
dc.date.available |
2016-04-21T04:30:01Z |
|
dc.date.issued |
2011 |
|
dc.identifier.uri |
|
|
dc.description.abstract |
Pesatnya perkembangan media massa salah satu penyebabnya adalah
karena masyarakat semakin membutuhkan media massa sebagai alat pemenuhan
kebutuhannya dalam bidang informasi, pengetahuan dan hiburan. Salah satu
media massa yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah televisi. Salah satu
stasiun televisi swasta Indonesia adalah Metro TV. Metro TV menyajikan
program-program yang berunsur hiburan seperti beberapa program acara talk
show. Salah satu program acara talk show-nya yaitu, “Mario Teguh Golden
Ways”. Antusias masyarakat untuk tetap setia dalam menonton program acara
Mario Teguh Golden Ways tentunya tidak lepas dari kredibilitas yang dimiliki
Mario Teguh sebagai komunikator. Sikap positif masyarakat dalam kehidupan
sehari-harinya tidak terlepas dari adanya pengaruh efek komunikasi massa,
termasuk efek dari terpaan program-program acara televisi seperti program acara
talk show Mario Teguh Golden Ways.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan
antara kredibilitas Mario Teguh pada program acara Mario Teguh Golden Ways di
Metro TV dengan sikap positif audience terhadap tema Wanita Tidak Pernah
Salah. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas, sikap, dan teori S-O-R.
Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung langsung
sebagai audience program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV.
Kredibilitas yang diteliti terdiri dari aspek keahlian dan kepercayaan komunikator
dengan sifat audience yang hanya meliputi aspek afektif dan konatif. Pada
penelitian ini, aspek kognitif tidak diteliti karena peneliti tidak meneliti aspek isi
pesan yang disampaikan Mario Teguh.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional
dengan jumlah responden sebanyak 138 audience. Teknik analisis data dihitung
dengan menggunakan rumus korelasi rank-order (Spearmen’s Rho). Dalam
penelitian ini terdapat empat pasang indikator dari kedua variabel yang diteliti.
Masing-masing pasangan indikator tersebut, seluruhnya terdapat hubungan. Maka
dapat dipastikan bahwa terdapat hubungan antara kredibilitas Mario Teguh pada
program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV dengan sikap positif
audience terhadap tema Wanita Tidak Pernah Salah |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) |
en_US |
dc.subject |
Kredibilitas, Sikap, Talk Show, Mario Teguh Golden Ways. |
en_US |
dc.title |
Hubungan Antara Kredibilitas Mario Teguh Dengan Sikap Positif Audience Studi Korelasional Mengenai Hubungan Antara Kredibilitas Mario Teguh Pada Program Acara Mario Teguh Golden Ways Di Metro Tv Dengan Sikap |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |