dc.description.abstract |
Media massa memiliki peran penting dalam pemilu Presiden 2014. Publik
melalui media mendapat informasi secara utuh mengenai bakal calon presiden.
Informasi dan publikasi media dalam memberitakan kualitas dan rekam jejak
calon presiden menjadi salah satu faktor penentu yang dapat merubah dan
membentuk opini serta menjadi masukan bagi pemilih dalam menentukan
pilihannya.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini mengenai objektivitas
pemberitaan kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014 pada
Harian Umum Kompas dan Harian Umum Republika. Objektivitas berita ditinjau
dari unsur faktualitas, nilai informasi, akurasi, kelengkapan dan relevansi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi.
Pada dasarnya metode ini merupakan suatu cara menyandi (coding) pernyataan
atau penulisan agar diperoleh ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu melalui konstruk
kategori.
Populasi pada penelitian ini adalah yang berhubungan dengan kampanye
calon presiden dan wakil presiden 2014 pada harian umum Kompas dan
Republika dimulai dari tanggal 2 Juni 2014 sampai dengan 5 Juli 2014 sebanyak
79 berita. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Peneliti sengaja memilih teknik ini dikarenakan alasan penelitian dan atas dasar
pertimbangan ilmiah. Peneliti memilih berita dari kedua harian umum tersebut
untuk dibandingkan dengan jumblah sampel 10 berita.
Hasil dari penelitian tersebut menunjukan harian umum Kompas dan
Republika kurang objektif menerapkan unsur faktualitas, sedangkan untuk, nilai
informasi, akurasi, kelengkapan dan relevansi sudah objektif dalam memberitakan
kampanye pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. |
en_US |