Abstract:
Dalam sebuah lembaga pendidikan salah satu bagian yang terpenting di dalamnya yaitu staf pengajar, hal tersebut dikarenakan staf pengajar merupakan ujung tombak dari keberhasilan para mahasiswanya karena staf pengajar memiliki hubungan secara langsung dengan anak didiknya. Kualitas dari para staf pengajar perlu diperhatikan dengan memberikan motivasi yaitu menjembatani segala kebutuhan dalam mengajar kepada ketua sehingga dapat memberikan pengajaran yang lebih baik kepada mahasiswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi yang dilakukan oleh humas, untuk mengetahui program yang dilakukan oleh humas, dan untuk mengetahui gambaran dari staf pengajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, metode ini digunakan karena memberikan perangkat yang lebih tepat bagi peneliti untuk dapat menyampaikan fenomena penelitian secara utuh didukung dengan hasil perhitungan statistik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori tentang Manusia dari A. H Maslow teori ini digunakan karena dapat menjelaskan secara mendalam tentang kebutuhan-kebutuhan manusia sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kegiatan motivasi yang dilakukan oleh humas berada pada kategori cukup baik, dan program yang dilakukan oleh humas berada pada kategori baik, serta gambaran dari staf pengajar berada pada kategori baik.