Abstract:
Menghadapi dunia bisnis memang bukan suatu hal yang mudah, apalagi
tanpa adanya tujuan yang jelas dari bisnisnya tersebut. Selain itu, perubahan di
lingkungan sekitar adalah keadaan yang sulit untuk diperkirakan dimasa yang
akan datang. Perusahaan tidak terlepas dari berbagai macam perubahan yang
bersumber dari lingkungan internal dan eksternal. Diperlukan sebuah perencanaan
dalam menghadapi lingkungannya tersebut dengan kegiatan analisis situasi. Maka,
model yang paling sesuai dalam analisis situasi tersebut adalah melalui konsep
Analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembuatan program
public relations pada TB Rumah Buku yaitu perusahaan bisnis yang bergerak
dalam bidang produksi barang. Dengan menggunakan konsep analisis SWOT,
yaitu konsep analisis yang digunakan untuk mengukur Kekuatan, Kelemahan,
Peluang, dan Ancaman pada sebuah pembuatan program public relations,
sehingga dapat secara efektif mencegah perencanaan program dari ketidakpastian
dalam pelaksanaannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif yang mencoba memahami, untuk kemudian dapat menjelaskan konsep
SWOT dalam analisisnya terhadap pembuatan program ke PR-an TB Rumah
Buku. Pada analisis data akan dilakukan penggunaan Matrik SWOT
(Rangkuti,2013:31) yang menganalisis tentang Kekuatan, Kelemahan, Peluang,
dan Ancaman perusahaan untuk kemudian diciptakan strategi SO, SW, WO, WT
berdasarkan analisis situasi faktor lingkungan internal dan eksternal pada TB
Rumah Buku. Adapun uji keabsahan data guna memastikan kekonsistenan data
yang telah diperoleh, yaitu melalui triangulasi sumber dan triangulasi metodelogis.
Triangulasi sumber merupakan uji kekonsistenan data dengan menggunakan
berbagai sumber yang berbeda. Sedangkan, triangulasi metodelogis adalah uji
kekonsistenan data melalui berbagai metode yang berbeda. Sehingga pada
kesimpulan penelitian akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
yang terdapat pada TB Rumah Buku.