dc.description.abstract |
Pada tahun 2005 cenderung mengalami penurunan anggota Kopma sehingga,
diperlukan inovasi dengan melakukan pengembangan layanan jasa sesuai dengan
kebutuhan anggota. untuk melakukan pengembangan layanan jasa, diperlukan sumber daya
pendukung. sumber daya yang dimiliki Kopma Unisba untuk mendukung pengembangan
layanan diantaranya adalah sumber daya keuangan, tempat dan fasilitas, serta SDM.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan pereferensi
dan pandangan mahasiswa anggota maupun non anggota terhadap Kopma Unisba. Sesuai
dengan pertanyaan penelitian maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa preferensi mahasiswa non anggota
menganggap faktor pelayanan Kopma relatif memuaskan sebanyak 50% responden.
Sedangkan untuk faktor harga, sebanyak 32 orang responden berpendapat bahwa harga
yang ditawarkan cukup mahal. adapun faktor kelengkapan barang yang disediakan di
Kopma 23% responden non anggota mengatakan tidak lengkap.
Ada variasi preferensi mahasiswa non anggota dan anggota Kopma dimana hampir
50% responden yang telah menjadi anggota Kopma itu berdasarkan keinginan sendiri.
Sedangkan mahasiswa yang non anggota hampir 50% responden berpendapat bahwa
pelayanan yang diberikan Kopma cukup memuakan. |
en_US |