Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Locus Of Control Dengan Impulse Buying Pada Konsumen Online Shop Instagram Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Di Telkom University

Show simple item record

dc.contributor.author Faridathalla, Noorshafia
dc.date.accessioned 2016-05-26T04:12:33Z
dc.date.available 2016-05-26T04:12:33Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Dewasa ini , disaat segalanya serba digital dan bergantung pada internet, berbagai hal dapat terbantu dan dilakukan dengan mudah menggunakan smartphone beserta Internatnya, temasuk dalam berbelanja. Hingga munculah trend dimana aplikasi social media seperti Instagram dijadikan media untuk jual-beli. Kini sudah tak terhitung jumlah dari Online Shop yang ada di instagram. Banyaknya Online Shop di Instagram begitu memanjakan konsumennya. Tak jarang perilaku membeli pada konsumen melewati batas wajar dan begitu impulsif, tanpa pertimbangan yang matang dan hanya didasari oleh keinginan semata atau secara psikologis hal tersebut dikenal sebagai Impulse Buying. menanggapi hal ini, variabel Locus of Control menjadi salah satu variabel yang secara teoritis dapat mengontrol perilaku Impulse Buying, mengingat Locus of Control merupakan pusat kendali yang pada setiap individu. Dalam locus of control terdapat dua tipe, yaitu mereka yang di diminasi factor internal dan mereka yang didominasi factor eksternal. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai keeratan hubungan antara Locus of Control dengan Impulse Buying yang dilakukan pada mahasiswi Telkom University jurusan Ilmu Komunikasi. Metode yang di gunakan penelitian ini adalah studi korelasional. Dengan teknik sampling Non-Probabitily dengan Aksidental sampling dan didapat 55 orang sebagai sample penelitian. Pengambilan data menggunakan alat ukur baku I-E Scale dari Rotter (1966) dan alat ukur baku IBT (Impulse Buying Tendencies) dari Verplanken & Herabadi (2001) yang telah di modifikasi sebelumnya. Pengolahan data menggunakan uji korelasi rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan perolehan rs = -0,077 yang menurut tabel Guilford (Noor 2009:158) termasuk ke dalam kriteria derajat korelasi yang sangat rendah. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa Locus of Control memiliki keeratan yang sangat rendah dalam mempengaruhi perilaku Impulse Buying pada penelitian ini. en_US
dc.publisher Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Online Shop, Instagram, impulse buying, locus of control en_US
dc.title Hubungan Locus Of Control Dengan Impulse Buying Pada Konsumen Online Shop Instagram Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Di Telkom University en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account