Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Prinsip Manajemen Bisnis Dalam Perspektif Etika Bisnis Imam Al Ghazali Terhadap Pelaksanaan Manajemen Bisnis Di Bprs Mitra Harmoni Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Azzahra, Puji
dc.date.accessioned 2016-05-27T01:54:10Z
dc.date.available 2016-05-27T01:54:10Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Manajemen bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai etika Islam menurut Imam Al Ghazali memiliki peran yang sangat besar bagi perbaikan atas kehidupan umat manusia yang berprinsip pada ketaqwaan, kemaslahatan, kebaikan dan keadilan.BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung merupakan salah satu lembaga bank syariah yang memiliki kebijakan manajemen bisnis dalam menjalani aktivitas usahanya. Pada fenomena yang terjadi, terdapat beberapa indikasi mengenai kebijakan yang diambil BPRS Mitra Harmoni yang belum sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis menurut Imam Al Ghazali, terutama dalam kebijakan manajemen bisnisnya seperti pada analisa taksasi jaminan pembiayaan yang tidak sesuai dengan harga pasar (tidak sejalan dengan prinsip keadilan), dan terdapat indikasi pengetahuan SDM-nya yang kurang memahami akad-akad syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: prinsip manajemen bisnis dalam konsep etika bisnis Islam perspektif Imam Al Ghazali, penerapan kebijakan dan pelaksanaan manajemen bisnis di PT BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung, serta tinjauan prinsip manajemen bisnis dalam konsep etika bisnis Islam perspektif Imam Al Ghazali terhadap kebijakan dan pelaksanaan manajemen bisnis di PT BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisa deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, dokumentasi dan wawancara, serta analisa data dilakukan melalui pendekatan analisa kualitatif Kesimpulan dari penelitian ini adalah prinsip manajemen bisnis dalam konsep etika bisnis Islam perspektif Imam Al Ghazali adalah keteraturan manajerial bisnis yang dilakukan seseorang atau lembaga dengan menerapkan nilai-nilai etika bisnis yang meliputi ketaqwaan, kemaslahatan, kebaikan dan keadilan. Penerapan kebijakan manajemen bisnis di PT BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung mengacupadakonsepdasar 5 C yang meliputi penilaian terhadap Character (watak), Capacity (kapasitas), Condition (kondisi), Capital, (modal) Collateral (jaminan) bagi calon nasabah pembiayaan.Secara umum kebijakan manajemen bisnis yang dilakukan BPRS Mitra Harmoni telah sesuai dengan nilainilai etika bisnis menurut Imam Al Ghazali. en_US
dc.description.sponsorship Hj. Titin Suprihatin, Dra., M.Hum. en_US
dc.publisher Fakultas Syariah (UNISBA) en_US
dc.subject Etika, Bisnis, dan Manajemen en_US
dc.title Analisis Prinsip Manajemen Bisnis Dalam Perspektif Etika Bisnis Imam Al Ghazali Terhadap Pelaksanaan Manajemen Bisnis Di Bprs Mitra Harmoni Kota Bandung en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account