Abstract:
Skripsi ini berjudul “StrategiKampanye PON XIX 2016”. Permasalahan yang diangkat
mengenai strategi kampanye Counting Down menjelang PON XIX yang dilakukan oleh Bidang
Penyiaran dan Pelayanan PON XIX 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui:
Perencanaan, Pelaksanaandan Cara Evaluasidaristrategikampanye yang dilakukanolehBidang
PPM PON XIX 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas
dan lebih terperinci mengenai bagaimana strategi yang digunakandalam kampanye Counting
Down menjelang PON XIX 2016. Sedangkan data untuk menunjang penelitian ini diperoleh
melaluitiga sumber bukti pengumpulan data studi kasus yaitu : dokumen, rekaman arsip,
wawancara, pengamatan langsung, observasi partisipan, dan perangkat-perangkat fisik(studi
kepustakaan). Dalam hal ini subjek sebagai sumber yang diwawancarai adalah pihak
panitiadariBidang PPM yaitu: Bapak AtengKusnandarselakukepalaBidang PPM, Wawan
Suwandi (Humas). Salain itu juga ada beberapa narasumber pelengkap penelitian, yaitu Ananta
Doris Amal sebagai EO (Tim Pelaksana). Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa
usaha kampanye yang dilakukanoleh panitia Bidang PPM dengan menganalisa masalah sekitar
yang dilatarbelakangi oleh dimana Jawa Barat akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan PON
XIX tahun 2016, dan pemerintah Jawa Barat menginginkan Public Internal dan Eksternal
mengetahui akan hal ini. Kemudian usaha kedua yaitu merencanakan kampanye diawali dengan
menyusun tujuan dari kampanye Counting Down ini yaitu: untuk menberikan informasi kepada
masyarakat luas mengenai kegiatan PON yang akan dilaksankan tahun 2016, untuk
mengingatkan kepada stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan PON XIX 2016, untuk
mengevaluasi sejauh mana kesiapan pemerintah Jawa Barat dalam menyambut PON XIX 2016
baik dari sarana prasarana, infrastruktur, kesiapan atlet.