dc.description.abstract |
Penerapan Metode Simulasi Peer Teaching merupakan keterampilan
guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa terhadap kemampuan praktek
mengkafani jenazah pada materi PAI. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Kencana Bndung Kelas XI Jurusan
Keperawatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul
dilapangan tentang pemahaman dan kemampuan praktek mengkafani jenazah
yang masih perlu ditingkatkan secara optimal. Dengan fokus permasalahan pada
penelitian ini ialah, bagaimana guru mampu secara optimal menyampaikan materi
ajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan praktek
mengkafani jenazah pada siswa kelas XI jurusan keperawatan. Metode Simulasi
Peer Teaching yang diterapakan pada proses pembelajaran materi mengkafani
jenazah mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan praktek mengkafani
jenazah, serta mampu menumbuhkan sikap aktif, kreatif dan inovatif pada siswa.
Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode kuantitatif
karena dianggap dapat memberikan rincian yang komplek tentang fenomena yang
ada di lapangan.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat
deskriptif (Descriptive reseach) rancangan penelitian deskriptif berkaitan dengan
pengumpulan data untuk memberikan gambaran atau penegasan suatu konsep atau
gejala, juga menjawab pertanyaan-pertanyaan status subyek penelitian. Data yang
terkumpul kemudian dianalisis dan disimpulkan, adapun teknik penelitian yang
digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Kegiatan
penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Kencana
Bndung Kelas XI Jurusan Keperawatan. Penelitian yang dilaksanakan
menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dipandang dapat
mencapai tujuan yang diharapkan.
Tujuan pada penelitian ini, ialah untuk meningkatkan kemampuan guru
dalam pelaksanaan pembelajaran, untuk meningkatkan aktivitas belajar mengajar
dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan
pembelajaran praktek mengkafani jenazah dengan menerapkan metode simulasi
peer teaching pada materi PAI di SMK Bhakti Kencana Bandung.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini direncanakan dalam 3 Siklus,
setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, prlaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Bhakti KencanaBandung jurusan keperawatan dengan jumlah siswa 42 orang yang terdiri dari 38
orang siswa perempuan dan 4 orang siswa laki-laki serta terdapat 2 orang siswa
non muslim yang terdiri dari 1 orang siswa perempuan dan 1 orang siswa lakilaki.
Data hasil observasi terdiri dari hasil kemampuan guru dalam
merancang Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses pelaksanaan
pembelajaran, kegiatan siswa dan hasil belajar siswa yang digunakan untuk
mrngukur keberhasilan dalam pembelajaran materi mengkafani jenazah. Teknik
pengelolaan data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif
yang bertujuan untuk menjelaskan seluruh rangkaian penelitian mulai dari
perencanaan sampai tahap refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa tentang materi
mengkafani jenazah meningkat melalui penerapan metode simulasi peer teaching.
Hal ini terbukti dari perolehan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan
dari sebelum dilakukan tindakan, saat dilaksanakan tindakan, dan setelah tindakan
dilaksankan pada Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Nilai prosentase dari hasil
belajar siswa pada Siklus I 45,6%, Siklus II 61,53% dan Siklus III 83,34%. Hal ini
telah menunjukan bahwa penggunaan Metode Simulasi Peer Teaching
berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. |
en_US |