Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif tentang Pengelolaan Pembelajaran Al- Qur'an dengan Metode Tilawati pada Siswa Kelas VII di Mts Assakinah Bandung Barat Tahun Ajaran 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Winarti, Wina
dc.date.accessioned 2016-10-28T03:28:02Z
dc.date.available 2016-10-28T03:28:02Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5199
dc.description.abstract Pembelajaran Al-Qur'an yaitu mengajarkan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sehingga mampu membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah tajwid. Seiring dengan perkembangan zaman pembelajaran Al-Qur’an dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, salah satu metode yang digunakan di MTs Assakinah Bandung Barat adalah metode tilawati. Prinsip pembelajaran Al-Qur'an metode tilawati yaitu diajarkan secara praktis menggunakan lagu rost, diajarkan secara klasikal menggunakan peraga, diajarkan secara individual dengan tehnik baca simak menggunakan buku. Dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif maka penataan kelas diatur dengan posisi duduk membentuk huruf "U". Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode tilawati pada siswa kelas VII di MTs Assakinah Bandung Barat tahun ajaran 2014/2015, (2) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode tilawati pada siswa kelas VII di MTs Assakinah Bandung Barat tahun ajaran 2014/2015, (3) evaluasi pembelajaran Al-Qur'an dengan metode tilawati pada siswa kelas VII di MTs Assakinah Bandung Barat tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan suatu peristiwa apa adanya dengan mengamati, mencatat, dan bertanya. Untuk mengetahui hasil penelitian maka digunakan tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 1 koordinator tilawati yayasan, 1 koordinator tilawati MTs, 10 guru yang mengajar siswa kelas VII, dan 37 siswa kelas VII yang diambil 30% dari 149 siswa kelas VII A, B, C, D, E (kelompok tilawati 2, 3, dan 4). Dari pengolahan data hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) perencanaan program pembelajaran yaitu pengelompokan siswa, perekrutan guru, pembinaan rutinan guru, penyusunan standar operasional pembelajaran (SOP), silabus dan program pengajaran harian. Perencanaan proses pembelajaran sepenuhnya diserahkan kepada guru dari persiapan materi, media dan sarana. (2) pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan awal dengan mengucapkan salam dan do'a pembuka, pada kegiatan inti menggunakan peraga tilawati dan buku tilawati dengan tehnik (guru membaca siswa mendengarkan, guru membaca siswa menirukan, guru dan siswa membaca bersama-sama), dan pada kegiatan penutup dengan do'a penutup, motivasi, mengucapkan salam. (3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan yaitu evaluasi pre test, evaluasi harian, evaluasi pra munaqosyah, dan munaqosyah kenaikan jilid. Tehnik evaluasi dilakukan dengan tes lisan yang disesuaikan dengan buku tehnik munaqosyah. en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah Universitas islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Pengajaran Al-Quran en_US
dc.title Studi Deskriptif tentang Pengelolaan Pembelajaran Al- Qur'an dengan Metode Tilawati pada Siswa Kelas VII di Mts Assakinah Bandung Barat Tahun Ajaran 2014/2015 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account