dc.description.abstract |
Kegiatan dakwah kota Bandung selalu berdinamika menuju dakwah yang lebih berkualitas. Dakwah tidak dilakukan dengan cara serampangan, namun dirancang secara matang dan menawarkan suatu inovasi sesuai dengan faktor-faktor sosio-demografisnya. Dakwah yang dilakukan selama ini lebih mengandalkan kepada pengalaman para dainya, kerena tidak dimilikinya data tentang peta profil dakwah di kota Bandung. Melalui Penelitian ini diperoleh gambaran tentang peta dakwah di kota Bandung berdasarkan kondisi sosio-demografis jemaah di kota Bandung pada 3 zona, yaitu: di pusat kota, pinggir sedikit, dan pinggir sekali, dengan melihat pada wilayah hunian: perumahan dan non-perumahan. Data yang ada dapat menjadi landasan kegiatan berdakwah yang efektif. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan alat pengumpulan datanya melalui angket. Penelitian ini menghasilkan bahwa ada faktor sosio-demografis berkaitan dengan kecenderungan dalam dakwah. Data tentang peta profil Dakwah di kota Bandungakan memudahkan para dai untuk mendapatkan capaian dakwah yang sesuai dengan kondisi pihak yang diseru, disenangi oleh masyarakat, dan karenanya persuasif. Semua data tersebut mengantarkan tim peneliti untuk melihat kepada adanya profil dakwah di kota Bandung, yang merupakan suatu irisan dari berbagai aspek tersebut. |
en_US |